Berani Ungkap Praktik Politik Uang, Warga DIY Akan Diberi Rp50 Juta

Pelantikan pengurus AMPG Sleman, Jumat (4/12/2020). - Ist/Golkar.
05 Desember 2020 20:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Politikus Partai Golkar Gandung Pardiman menjanjikan Rp50 juta bagi warga DIY baik secara individu maupun kelompok yang berani mengungkap praktik politik uang dalam Pilkada di wilayah DIY pada Rabu (9/12/2020) mendatang. Sayembara itu dikeluarkan untuk memberikan Pendidikan politik kepada masyarakat.

“Ini dalam rangka pendidikan politik dan menyelamatkan jalannya pilkada secara fair. Maka siapa pun yang bisa menangkap money politic atau memanfaatkan program pemerintah untuk memenangkan pemenangan pilkada akan kami beri hadiah total Rp50 juta,” ungkap Gandung kepada wartawan di sela-sela pelantikan AMPG Sleman, Jumat (4/12/2020).

BACA JUGA : Hari Tenang Pilkada Bantul, 2 Paslon Pantau Politik Uang

Ia mengatakan sayembara itu berlaku untuk seluruh DIY yang saat ini sedang menjalani proses Pilkada. Selain itu laporan yang diungkap harus valid dan kemudian ditindaklanjuti Bawaslu untuk masuk pada ranah hukum. Menurutnya dana tunai Rp50 juta yang dijanjikan merupakan uang pribadinya. Pihaknya membuka sayembara ini semata-mata untuk pendidikan politik sekaligus menyelamatkan rakyat agar benar-benar memilih pemimpin yang tepat sesuai hati nurani bukan karena diberi sejumlah uang.

“Kami akan berikan Rp50 juta cash, itu uang pribadi saya. Ini dalam rangka pendidikan politik dan menyelamatkan rakyat, agar pilihan tepat tidak memilih pihak yang melakukan berbagai upaya  dengan politik uang,” katanya.

Ketua DPD Partai Golkar DIY ini menilai tindakan money politic atau menggunakan cara yang tidak sehat harus dicegah. Demi masa depan demokrasi dan jalannya kepemimpinan daerah yang lebih baik. Selain itu pihaknya meminta agar lembaga pengawas seperti Bawaslu berani melakukan penindakan ketika ada bukti yang kuat.

BACA JUGA : Bawaslu Bantul Telusuri Dugaan Politik Uang

“Ini [politik yang] kami menentang, kami suarakan. Bawaslu harus berani, perangkat Gakkumdu harus berani menegakkan aturan secara benar. Mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Maka sebagai motivasi kami siapkan Rp50 juta bagi yang bisa mengungkap, cash, kalau yang mengungkap sendiri ya untuk dia sendiri,” ucapnya.