Advertisement

Jelang Pilkada, 75.000 Masker Disebar ke 75 Desa di Bantul

Jumali
Selasa, 08 Desember 2020 - 13:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jelang Pilkada, 75.000 Masker Disebar ke 75 Desa di Bantul Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Sebanyak 75.000 masker dibagikan oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Bantul bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul ke 75 desa jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Pembagian masker ini dilakukan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 dan antisipasi terjadinya klaster saat Pilkada.

Advertisement

Ketua FPRB Bantul Waljito mengatakan, nantinya setiap desa akan mendapatkan 1.000 masker. Di mana, 1.000 masker yang dibagikan ini akan langsung didistribusikan oleh ke masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

“Kami harapkan masker ini bisa dipakai oleh setiap orang yang datang ke TPS. Ini adalah upaya kami untuk mencegah penularan sekaligus mencegah munculnya klaster di Pilkada,” katanya, Selasa (8/12/2020).

Baca juga: Pilkades Serentak Harus Mengedepankan Protokol Kesehatan

Lebih lanjut Waljito mengungkapkan, selain membagikan masker, relawan FPRB nantinya juga akan melakukan upaya preventif dengan selalu mengingatkan kepada para pemilih untuk mentaati protokol kesehatan, utamanya mencegah timbulnya kerumunan di tiap TPS. Sebab, diakuinya risiko penularan Covid-19 dan timbulnya klaster saat Pilkada sangat tinggi.

“Dengan begitu, kami harapkan masyarakat bisa melakukan pesta demokrasi dengan aman dan tenang,” paparnya.

Sementara Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Bantul Bantul Budianta mengakui jika 1.000 masker tiap desa sejatinya kurang. Namun, pembagian 1.000 masker tiap desa tersebut adalah upaya agar tidak terjadi klaster baru dan mengurangi risiko penularan Covid-19.

Baca juga: Petugas TPS Kurang dari 7 Orang, Ini Alasannya

“Kami juga mengharap agar teman-teman relawan untuk terus melakukan imbauan ke pemilh untuk menerapkan protokol kesehatan dan juga tidak bergerombol saat di TPS,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement