Advertisement

Sambang Wilayah untuk Ingatkan Protokol Kesehatan

Lugas Subarkah
Selasa, 22 Desember 2020 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Sambang Wilayah untuk Ingatkan Protokol Kesehatan Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Di samping berbagai upaya pemerintah, masyarakat menjadi subjek penting dalam upaya mencegah penularan covid-19. Protokol kesehatan harus terus ditegakkan di berbagai aktivitas masyarakat, seperti yang dilakukan di Kelurahan Terban.

Lurah Terban, Narotama, menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan bersama masyarakat untuk mencegah penularan covid-19. “Di Terban, kami bersama warga rutin melakukan penyemprotan disinfektan setiap minggu,” ujarnya, Selasa (22/12/2020).

Advertisement

Untuk memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan, pihaknya juga rutin melakukan sambaing wilayah, yakni menemui masyarakat langsung untuk selalu mengedukasi dan mengingatkan penerapan protokol kesehatan.

Pada intinya, masyarakat boleh tetap beraktivitas asalkan selalu mematuhi protokol kesehatan berupa 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. “Masyarakat diingatkan untuk selalu memakai masker, rajin cuci tangan dan tidak membuat kerumunan,” katanya.

Protokol kesehatan juga wajib diterapkan semua pelaku usaha di Kelurahan Terban. Ia menjelaskan untuk tempat usaha seperti hotel dan restoran yang beroperasi, harus mengantongi surat keterangan yang menyatakan telah menerapkan protokol kesehatan.

Kelurahan Terban juga telah membentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 hingga tingkat RW. Hal ini berfungi untuk menangani jika ada salahs atu warga yang terpapar covid-19. “Sudah jalan untuk swadaya masyarakat, bagi yang lakukan isolasi mandiri,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rudal Israel Dilaporkan Hantam Iran, Irak dan Suriah

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement