Januari 2021 Belum Ada Sekolah Tatap Muka di Sleman

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
30 Desember 2020 19:27 WIB Hey Setiawan (ST18) Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Dinas Pendidikan [Disdik] Sleman belum akan menyelenggarakan sekolah tatap muka pada Januari 2021 menyusul masih tingginya jumlah kasus positif Covid - 19.

“Jadi, di awal semester besok pembelajaran masih daring. Untuk pembelajaran tatap muka, kita masih menunggu kebijakan. Kalau kondisinya sudah memungkinkan, baru akan dilaksanakan,” ujar Kepala Disdik Sleman, Ery Widaryana saat dihubungi Harianjogja.com, Selasa (28/12/2020).

Ery menilai tingginya jumlah kasus Covid - 19 di Sleman masih cukup mengkhawatirkan. Sangat berisiko andai pemerintah daerah menyelenggarakan sekolah tatap dalam kondisi demikian.

Ery belum dapat memastikan kapan tepatnya sekolah tatap muka mulai digelar. Hal itu, katanya bergantung dari hasil evaluasi pengendalian tanggap darurat Covid - 19 yang dilakukan oleh pemerintah daerah. “Bisa pertengahan bulan Februari. Bisa juga bulan Maret. Tergantung situasi dan kondisi,” katanya.

BACA JUGA: BMKG Prediksi Jogja Dilanda Cuaca Ekstrem Jelang Tahun Baru

Meski demikian, Ery mengklaim sekolah-sekolah sudah siap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Pihak sekolah sudah diminta untuk menyusun skenario pembelajaran yang memenuhi protokol kesehatan.

Selain itu, sebelum benar-benar menyelenggarakan pembelajaran tatap muka, pihak sekolah juga harus terlebih dulu mengantongi dukungan dari orang tua siswa. “Kalau orang tua siswa tidak setuju, kita tak bisa memaksa. Jadi, istilahnya tidak wajib [sekolah tatap muka],” ujarnya.

Sekolah tatap muka, tambahnya, juga tidak akan langsung dilaksanakan secara penuh. Bagi siswa yang belum diizinkan orang tuanya, pihak sekolah masih memfasilitasi pembelajaran daring. Kegiatan ekstrakurikuler pun juga belum akan dijalankan, terutama yang berpotensi menimbulkan kerumunan.