Ratusan Personel Jaga Malioboro dari Kerumunan di Malam Pergantian Tahun

Jalur pedestrian di Jalan Malioboro, Kamis (22/10/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
31 Desember 2020 18:27 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan personel disiapkan untuk menjaga kawasan Malioboro guna mencegah kerumunan di malam pergantian tahun 2021.

Kepala Dinas Kominfosan Kota Jogja, Tri Hastono menekankan bahwa Malioboro diterapkan sistem buka tutup situasional. Tidak ada Pemkot Jogja menolak penutuapan. "Jl. Malioboro situasional, kalau harus ditutup ya ditutup, kalau bisa diibuka ya dibuka. Karena tujuannya jangan sampai membuat Jl. Malioboro itu sebagai tempat lapang yang mengundang kerumunan," katanya.

BACA JUGA : Jika Sudah Padat, Malioboro Akan Ditutup di Malam Tahun Baru

Ditutup dan dibukanya Malioboro sangat situasional. Tri menambahkan sebagaimana  terbitnya juga edaran dari Sekda Provinsi DIY dimana membatasi jam operasional tempat wisata sampai dengan pukul 18.00 WIB. Begitu pula aktivitas hotel juga berlangsung pukul 22.00 WIB. "Yang utama keselamatan masyarakat menjadi komitmen kita bersama terkait dengan Covid-19," ujarnya.

Salah satu petugas yang akan terjun dalam pengamanan perayaan Tahun Baru 2021 adalah Satpol PP. Kepala Satpol PP Kota Jogja, Agus Winarto menyebutkan jika seluruh kekuatan yang ada di Satpol PP temasuk yang sedang off akan ditugaskan dalam pengamanan. Setidaknya ada 354 personel yang akan dibagi di Tugu dan Malioboro.

BACA JUGA : Malioboro Didesak Ditutup pada Malam Tahun Baru, Begini Kata Sultan

"Kita konsentrasikan di Tugu dan Malioboro. Nanti akan kami tugaskan regu yang khusus mobile ada dua regu. Satu regu 10 personel, yang 20 orang mobile. Kedua kekuatan kita ada di wilayah BKO nnti juga mengampu di wilayah dengan Muspika di wilayah masing-masing" tegas Agus.