Advertisement

Ratusan Personel Jaga Malioboro dari Kerumunan di Malam Pergantian Tahun

Catur Dwi Janati
Kamis, 31 Desember 2020 - 18:27 WIB
Sunartono
Ratusan Personel Jaga Malioboro dari Kerumunan di Malam Pergantian Tahun Jalur pedestrian di Jalan Malioboro, Kamis (22/10/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan personel disiapkan untuk menjaga kawasan Malioboro guna mencegah kerumunan di malam pergantian tahun 2021.

Kepala Dinas Kominfosan Kota Jogja, Tri Hastono menekankan bahwa Malioboro diterapkan sistem buka tutup situasional. Tidak ada Pemkot Jogja menolak penutuapan. "Jl. Malioboro situasional, kalau harus ditutup ya ditutup, kalau bisa diibuka ya dibuka. Karena tujuannya jangan sampai membuat Jl. Malioboro itu sebagai tempat lapang yang mengundang kerumunan," katanya.

Advertisement

BACA JUGA : Jika Sudah Padat, Malioboro Akan Ditutup di Malam Tahun Baru

Ditutup dan dibukanya Malioboro sangat situasional. Tri menambahkan sebagaimana  terbitnya juga edaran dari Sekda Provinsi DIY dimana membatasi jam operasional tempat wisata sampai dengan pukul 18.00 WIB. Begitu pula aktivitas hotel juga berlangsung pukul 22.00 WIB. "Yang utama keselamatan masyarakat menjadi komitmen kita bersama terkait dengan Covid-19," ujarnya.

Salah satu petugas yang akan terjun dalam pengamanan perayaan Tahun Baru 2021 adalah Satpol PP. Kepala Satpol PP Kota Jogja, Agus Winarto menyebutkan jika seluruh kekuatan yang ada di Satpol PP temasuk yang sedang off akan ditugaskan dalam pengamanan. Setidaknya ada 354 personel yang akan dibagi di Tugu dan Malioboro.

BACA JUGA : Malioboro Didesak Ditutup pada Malam Tahun Baru, Begini Kata Sultan

"Kita konsentrasikan di Tugu dan Malioboro. Nanti akan kami tugaskan regu yang khusus mobile ada dua regu. Satu regu 10 personel, yang 20 orang mobile. Kedua kekuatan kita ada di wilayah BKO nnti juga mengampu di wilayah dengan Muspika di wilayah masing-masing" tegas Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement