Advertisement

Jika Sudah Padat, Malioboro Akan Ditutup di Malam Tahun Baru

Catur Dwi Janati
Kamis, 31 Desember 2020 - 16:57 WIB
Sunartono
Jika Sudah Padat, Malioboro Akan Ditutup di Malam Tahun Baru Wisatawan mengantre di Gate Zonasi Malioboro untuk cek suhu dan kode QR pada Minggu (27/12/2020). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sistem buka tutup resmi diterapkan di Malioboro saat perayaan tahun baru 2021. Sejumlah titik seperti Titik Nol dan Tugu Pal Putih pun turut dipagari agar steril dari kerumunan.

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti dalam Jumpa Pers Persiapan Menghadapi Tahun Baru 2021 menuturkan jika tidak ada penutupan full di Malioboro melainkan sistem buka tutup yang bakal diterapkan. Artinya Malioboro dibuka dan ditutup tergantung rasio pengunjung. "Malioboro tidak ditutup, Malioboro sistemnya buka tutup situasional dalam domain Operasi Lilin Progo 2020," tegas Haryadi pada Rabu (30/12/2020) di Ibis Hotel Malioboro.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA : HARIAN JOGJA HARI INI: Semua Obwis Ditutup Kecuali Malioboro

Aspek risiko dalam sistem buka tutup yang dimaksud Haryadi menggabungkan antara jumlah orang dengan kaitannya luasan area yang didiami. Haryadi memisalkan, 10 orang dalam 100 meter tentu bukan kerumunan, namun 10 orang dalam 10 meter dapat dihitung ramai.

"Ya situasional [sistem buka tutup], kalau kepadatannya ini [tinggi] ya kita tutup. Kerumunan tadi ya aspek rasio, aspek rasio ada pembilang ada penyebutnya. 10 orang kumpul di 100 meter ya bukan [kerumunan], tapi kalau 10 orang 10 meter ya ramai dong," tegasnya.

Ditegaskan Haryadi bahwa pihaknya tidak menerapkan penutupan total melainkan sistem buka tutup. "Buka tutup, penutupan full tidak ada. Penutupan ada situasional sifatnya, buka tutup, kalau padat ya kita tutup kalau sudah memenuhi kriteria. Menutup itu untuk menghindari orang mengakses Malioboro lebih banyak lagi. Dan malam tahun baru di Malioboro untuk sementara pedestrian ditiadakan, jadi pukul 18.00 - 21.00 larangan kendaraan di sana tadi kita tiadakan. Kita ganti dengan buka tutup tadi supaya apa, supaya bisa terbelah orang di sana, jangan ngumpul," terangnya.

BACA JUGA : Sambut Tahun Baru di Masa Pandemi, PMI DIY Semprot Kawasan Tugu, Malioboro, Titik Nol dan Alun-Alun

Perihal waktu buka warung di Malioboro, Haryadi menuturkan bahwa pihaknya mengikuti Instruksi Gubernur (Ingub). "Malam tahun baru seperti Ingub kita pukul 22.00 WIB [tutup], tapi itu ada surat pak Sekda, [usaha] itu tutup pukul 18.00 WIB. Jadi usaha tutup pukul 18.00 WIB, malam tahun baru tok aja. Jadi kita beri kesempatan warga masyarakat untuk mengakses Malioboro," katanya.

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Luhut Sebut Mulai 2035 Indonesia Setop Produksi Mobil Berbasis BBM

News
| Rabu, 28 September 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement