Advertisement

Malioboro Didesak Ditutup pada Malam Tahun Baru, Begini Kata Sultan

Lugas Subarkah
Selasa, 29 Desember 2020 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Malioboro Didesak Ditutup pada Malam Tahun Baru, Begini Kata Sultan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Selasa (3/11/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah pihak meminta ketegasan Pemda DIY menangani Covid-19 di wilayah ini yang semakin tak terkendali.

DPRD Kota Jogja misalnya Pemkot menutup kawasan Titik Nol dan Malioboro pada malam tahun baru. Sementara DPRD DIY meminta Pemda mengambil kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jelang pergantian tahun.

Advertisement


Terkait wacana adanya penutupan Tugu hingga Malioboro, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengatakan hal itu merupakan kewenangan Kota Jogja dan bisa saja dilakukan. “Sah-sah saja, silakan itu kewenangan kota, asal DPRD dan pemerintah daerah kompak,” katanya, Selasa (29/12/2020).

BACA JUGA: Corona di Jogja Pecah Rekor Lagi, 24 Jam 282 Kasus Positif

Sementara untuk usulan PSBB, pihaknya akan mempertimbangkan masukan ini, sembari melihat perkembangan kondisi. “Dengan PSBB kami pertimbangkan implikasinya, itu punya risiko apa?” ujarnya.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mnuturkan kebijakan syarat antigen dan penutupan Tugu hingga Malioboro jika jadi, merupakan salah satu cara pembatasan pergerakan manusia. Untuk opsi PSBB, Gugus Tugas akan melakukan rapat pada Rabu (30/12/2020) pagi.

“Yang kita belum punya rumus pembatasan dari Magelang masuk ke Jogja. Dibatasi, mencari tempat lain [untuk masuk]. Ini kita harus cari strategi. Masukan sudah cukup banyak, besok pagi akan rapat di Bappeda [Badan Perencanaan Pembangunan Daerah] untuk tindak lanjuti,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement