Vaksinasi Covid-19 di Kota Jogja Dilakukan 2 Tahap, Ini Penjelasan Satgas

Ilustrasi. - Reuters
14 Januari 2021 08:07 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pendistribusian vaksin dari Provinsi DIY kepada sejumlah daerah mulai Rabu (13/1/2021). Kota Jogja direncanakan memperoleh lebih puluhan ribu dosis vaksin yang diperuntukkan bagi ribuan tenaga kesehatan yang bertugas.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi menjelaskan vaksin yang didistribusikan ke Kota Jogja mencapai 19.620 dosis vaksin. "Didistribusikan vaksin ke Kota Jogja sebanyak 19.620 dosis," ujarnya pada Selasa (12/1) malam.

BACA JUGA : Kota Jogja dan Sleman Peroleh Gelontoran Vaksin Pertama

Dituturkan Heroe jika vaksin yang bakal disalurkan ke Kota Jogja datang secara bertahap. Pada tahap partama, Kota Jogja akan mendapatkan jumlah dosis vaksin separuh dari total dosis yang diberikan yakni 9.810 dosis vaksin. "Tahap satu besok [hari ini] dikirim vaksin 9810 dosis, yang tahap dua akhir Januari," jelasnya.

Vaksin yang diterima akan disimpan di Instalasi Farmasi milik Dinkes Kota Jogja. Secara rinci, Heroe menerangkan jika alur pendistribusan vaksin dibawa dengan tempat khusus yakni vaksin carier yang dilengkapi dengan coolpack untuk menjamin distribusinya memenuhi coldchain/sistem rantai dingin. Melalui teknologi tersebut, dari tempat asal ke tempat tujuan, suhu akan terjaga di angka 2-8 derajat celcius.

"Penyimpan vaksin di instalasi farmasi menggunakan lemari pendingin/chiller/refrigerator yang suhunya dikondisikan pada 2-8 derajat celsius," terangnya.

BACA JUGA : Ini 10 Tokoh Penerima Vaksin Covid-19 Pertama di Sleman 

"Sudah dipersiapkan untuk penyimpanan vaksin di Instalasi Farmasi Dinkes Kota Jogja. Mulai tamggal 22 Januari 2021akan didistribusikan ke fasilotas kesehatan yang sudah ditunjuk untuk melayani vaksinasi," tutur Heroe.

Disebutkan Heroe sejumlah fasilitas kesehatan yang dutunjuk melayani vaksin Covid-19 meliputi 18 Puskesmas, tujuh RS rujukan Covid-29 dan empat RS swasta non-rujukan, dua klinik. Sejauh ini RS rujukan Covid-19 di Kota Jogja yakni RSUD Jogja, RS Pratama, RS Panti Rapih, RA Bathesda, PKU Muhammadiyah, Siloam dan RS DKT. Sedangkan RS non-rujukan Covid-19 yaitu RS Bathesda Lempuyangwangi, Happyland, Ludira Husada, RS Hidayatullah.

BACA JUGA : Penerima Vaksin Kota Jogja Masih Divalidasi

Klinik Biddokes dan Polres.

Berdasarkan catatan Heroe sebelumnya, jika jumlah tenaga kesehatan yang ada Jogja sejuah ini lebih dari 9000 orang. Jumlah tersebut mengakomodasi tenaga kesehatan dari puskesmas, rumah sakit negeri maupun swasta. Tetapi menurut lendataan hanya 4.597 tenaga kesehatan yang masuk dalam Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK). Rencananya pada 22 Januari 2021 akan dilakukan vaksinasi kepada semua tenaga kesehatan yang telah memenuhi kriteria.