Jumlah Bed Pasien Covid-19 di Kota Jogja Bakal Ditambah Jadi 239 Unit

Foto ilustrasi. - Reuters
18 Januari 2021 22:27 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Jumlah tempat tidur atau bed bagi pasien Covid-19 terus ditambah di Kota Jogja. Kini total bed RS rujukan Covid-19 di Kota Jogja ditarget lebih dari 200 bed.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi menjelaskan penambahan kapasitas bed yang ada telah melebihi target yang dulu telah disepakati RS Rujukan Covid-19 Kota Jogja. Sebelumnya, total bed RS Rujukan Covid-19 di Kota Jogja hanya 128 bed. "Kami dulu awal Desember sudah mengumpulkan seluruh rumah sakit rujukan itu waktu itu posisinya 128 bed. Kemudian rumah sakit waktu itu sudah sanggup menambah 98 bed," jelasnya pada Senin (18/1/2021).

"Sampai kemarin siang ketika saya rapat dengan Gubermur itu totalnya jadi 206 bed tambah 23 bed, jadi 239 bed. Sekarang sudah melebihi dari target yang kemarin disanggupi oleh rumah sakit. Artinya rumah sakit terus meningkat, karena dulu janjinya minimal 98 itu," terang Heroe.

BACA JUGA: Raffi Ahmad Dinyatakan Tak Langgar Protokol Kesehatan, Ini Alasan Polisi

Penambahan bed dijelaskan Heroe merupakan bagian upaya Pemkot Jogja merespons terhadap keadaan pertumbuhan kasus yang terjasi di Kota Jogja. "Kalau dilihat dari jumlah kasus perawatan tiap harinya, hampir 8-9 hari ini Kota Jogja itu turun. Jadi kalau dilihat dari grafiknya, moga-moga turunnya terus berlanjut karena fluktuasinya tinggi. Karena memang fluktuasinya tinggi. Jadi sudah hampir 8 hari sudah mengalami penurunan kasusnya," tuturnya.

Bila sebelumnya critical ICU di Kota Jogja jumlahnya 23 bed, Heroe menyebutlan jika pada Januari masih akan ditambah dua bed lagi sehingga total bed critical ICU ada 25 bed.