Advertisement

Bupati Resmikan Desa BSM Mina Wisata Techno Park Kalurahan Candibinangun

Abdul Hamied Razak
Rabu, 27 Januari 2021 - 15:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bupati Resmikan Desa BSM Mina Wisata Techno Park Kalurahan Candibinangun Bupati Sleman meresmikan program Desa Berdaya Sejahtera Mandiri (BSM) Mina Wisata Techno Park Mina Padi di Kalurahan Candibinangun, Pakem, Rabu, (27/1/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Bupati Sleman Sri Purnomo meresmikan program Desa Berdaya Sejahtera Mandiri (BSM) Mina Wisata Techno Park Mina Padi di Kalurahan Candibinangun, Pakem. Peresmian dilakukan secara virtual Rabu, (27/1/2021).

Bupati Sleman Sri Purnomo berharap Mina Wisata Technopark Samberembe ini menjadi percontohan dan pengembangan mina wisata di Sleman. Dia berharap, segala bentuk pendampingan dan bantuan dari berbagai pihak mampu mengembangkan Samberembe menjadi salah satu tujuan wisata alternatif di Sleman.

Advertisement

"Setelah diresmikan, tentu pengembangannya kami harapkan. Kami berharap mina padi technopark ini dapat meningkatkan kunjungan wisata di Sleman pada tahun ini,"kata Sri melalui zoom meeting.

Baca juga: Sekolah Diminta Tiadakan Praktikum Selama PTKM

Sementara itu Direktur Eksekutif Laznas BSM Rizqi Okto Priansyah mengatakan program tersebut digulirkan berkat kerjasama Pemkab Sleman dengan Rumah Zakat, Laznas BSM, dan Bank Mandiri Syariah (BSM). Program tersebut menggunakan dana sosial keagamaan dari zakat, infaq dan sadaqah. "Dana tesebut tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan, tapi juga bisa bermanfaat untuk pemberdayaan umat salah satunya pemberdayaan mina padi tersebut," katanya.

Direktur Mandiri Syariah Anton Sukarna menjelaskan program bantuan yang diberikan berupa bibit ikan dan padi serta pembinaan selama dua tahun. Tujuan program tersebut untuk memfasilitasi penerima manfaat melalui penguatan dan pengembangan sumberdaya ekonomi lokal sehingga dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan. "Yang penting dan utama adalah pendampingan pembinaan," ungkapnya.

Dijelaskan Anton, Kalurahan Candibinangun dipilih sebagai Desa BSM karena memiliki potensi sumberdaya lokal untuk pengembangan pertanian mina padi. Selain itu, kalurahan ini berdekatan dengan area wisata Kaliurang dan Merapi yang dinilai memungkinkan untuk pengembangan Desa Wisata.

Baca juga: PTKM Diperpanjang, DPRD Bantul Tunda Kunker dan Menolak Tamu

"Pertanian sistem Mina Padi di Sleman, menjadi percontohan di wilayah Asia Pasifik oleh FAO [Food and Agriculture Organization] sehingga Berpotensi dikembangkan menjadi kawasan Agrowisata sehingga dapat menggerakkan kegiatan usaha lainnya [multiplier effect],” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement