BLT Dana Desa di Sleman Segera Cair

Ilustrasi bantuan
28 Januari 2021 20:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Besaran Dana Desa untuk 2021 bagi 86 kalurahan di Sleman sebesar Rp110,5 Miliar. Penyaluran Dana Desa ditransfer langsung oleh Pusat ke rekening masing-masing kalurahan. Dengan demikian, warga terdampak Covid-19 dapat menerima BLT Dana Desa (DD).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Sleman Budiharjo mengatakan berdasarkan Permenkue No.222/PMK.07/2020 dan SE Mendes PDTT No.17/2020, penggunaan DD tahun ini mengacu pada aturan Permendes PDTT No.13/2020 terkait BLT DD. Anggaran BLT DD harus ditetapkan dalam APBKelurahan.

"Besaran BLT DD ditetapkan Rp300.000 kali 12 bulan dikalikan jumlah penerima BLT DD 2020 lalu atau yang sudah tervalidasi," katanya, Kamis (28/1/2021).

BACA JUGA: Ini Update Ketersediaan Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19 di Jogja

Kalau ada kalurahan yang belum menganggarkan BLT DD sebesar Rp300.000, kata Budi, maka kalurahan diminta untuk melakukan penambahan pada perubahan APBKelurahan paling lambat pada Juni mendatang. "Untuk validasi penambahan atau pengurangan jumlah penerima BLT DD agar dilakukan melalui forum musyawarah, khususnya dengan peserta seperti tahun lalu," katanya.

Validasi ini dinilai penting untuk menghindari duplikasi penerima jaminan sosial lainnya baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten. Hasil musyawarah tersebut, kemudian dilaporkan ke Pemkab. "Kami minta agar kalurahan dalam penambahan atau pengurangan jumlah penerima untuk memerhatikan kelayakan penerima dan ditekankan pada musyawarah. Termasuk memerhatikan catatan dari BPK atau auditor lainnya," ujar Budi.

Dia menjelaskan pencairan Dana Desa dibagi dalam empat tahap. Tahap I dicairkan 40% dari pagu anggaran. Besaran 40% yang dicairkan dari pagu setelah dikurangi kebutuhan anggaran BLT Dana Desa Januari-Mei. Adapun penyaluran BLT DD paling cepat dilakukan Januari ini.

Hampir sama dengan pencairan DD tahap I, kata Budi, untuk pencairan DD tahap II juga diberikan 40% dari pagu dikurangi kebutuhan anggaran BLT Dana Desa Juni-Oktober. Untuk penyaluran BLT DD tahap kedua ini dilakukan paling cepat Maret mendatang. "Untuk tahap III Dana Desa dicairkan 20% setelah dikurangi BLT DD yang disalurkan paling cepat pada Juni," katanya.

Berdasarkan SK Bupati Sleman, besaran DD tahun ini sebesar Rp110,5 Miliar. Alokasi dasar dianggarkan Rp65 miliar, alokasi kinerja Rp2,59 miliar dan alokasi formula Rp42,8 miliar. Dari jumlah tersebut, hanya dua kalurahan yang anggaran DD di bawah Rp1 miliar. Yakni Pakembinangun Pakem sebesar Rp882,9 miliar dan Sendangarum Minggir sebesar Rp918,8 miliar. Sementara penerimaan Dana Desa untuk kalurahan lainnya berkisar antara Rp1 miliar hingga Rp1,6 miliar.

"Kami berharap para lurah, terutama lurah yang baru terpilih kemarin dapat menyesuaikan dengan tantangan yang dihadapi saat pandemi Covid-19 ini. Saya ingatkan jika tugas pokok mereka sebagai garda terdepan untuk penanganan Covid-19, untuk bersama-sama melawan Covid-19 dan mendorong perekonomian di kalurahan,"kata Sri.