Panti Rapih Buka Klinik Anna Layanan Obgin Terpadu

Dokter Vincentia Merry, Ketua Tim Pengembangan Klinik Anna (berdiri, kiri) saat memberikan pemaparan ketika pembukaan klinik, Senin (22 - 2). (ist)
24 Februari 2021 06:17 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Rumah Sakit Panti Rapih membuka Klinik Anna, layanan obgin terpadu untuk kesehatan ibu dan bayi. Klinik ini juga melayani antenatal care (ANC).

ANC adalah sebuah istilah kesehatan yang mengacu pada program pelayanan kesehatan ibu hamil, sehingga bisa ditangani oleh tenaga medis secara lebih profesional.

Klinik Anna dibuka pada Senin (22/2) dihadiri oleh jajaran Direksi Rumah Sakit Panti Rapih, para dokter spesialis kebidanan dan kandungan, bidan, serta perwakilan yang terilibat dalam memberikan pelayanan.

Pembukaan klinik diawali dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng yang dilakukan Direktur Utama RS Panti Rapih drg. Vincentius Triputro Nugroho dan diserahkan kepada Ketua Tim Pengembangan Klinik Anna, dokter Vincentia Merry.

“Tumpeng juga diserahkan kepada dokter Radijanti Anggraheni selaku Kepala Instalasi Rawat Jalan RS Panti Rapih dan dokter YB. Suharjo Brata Cahyono sebagai Ketua Tim Pengembangan Rumah Sakit,” ujar Maria Vita Puji, Humas RS Panti Rapih dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (23/2).

Maria mengatakan keamanan dan  kenyamanan menjadi prioritas dalam  memberikan pelayanan, artinya intervensi pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak harus disesuaikan dengan kondisi saat ini.

“Klinik Anna berada di Gedung Borromeus Lantai 3 Instalasi Rawat Jalan Terpadu. Gedung Borromeus Rumah Sakit Panti Rapih merupakan zona hijau [area bebas batuk dan panas],” ujarnya.

Sebelum masuk area Gedung Borromeus, seluruh pasien dan pengunjung wajib menjalani skrining awal oleh perawat skrining dan mengisi Lembar Skrining Covid-19.

Demikian juga dengan seluruh staf medis dan karyawan yang bertugas, wajib melakukan pengukuran suhu sebelum dinas, dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) disesuaikan dengan jenis layanan dan pekerjaan yang dilakukan. (ADV)