Advertisement

Tak Hanya Hujan Es, Sleman Dilanda Angin Kencang! Ini Data Kerusakannya

Abdul Hamied Razak
Rabu, 03 Maret 2021 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
Tak Hanya Hujan Es, Sleman Dilanda Angin Kencang! Ini Data Kerusakannya Relawan kebencanaan bersama warga mengevakuasi pohon yang tumbang di wilayah Turi, Rabu (3/3 - 2021)/Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah Sleman. Sejumlah wilayah dilaporkan mengalami hujan es dan kerusakan di sejumlah titik.

Hujan deras disertai angin melanda wilayah Sleman sisi utara dan tengah. Peristiwa tersebut terjadi antara pukul 13.30-15.30 WIB. Beberapa wilayah yang dilaporkan terjadi hujan es di antaranya Dusun Babadan Kalurahan Girikerto, Kalurahan Donokerto (Turi), Temulawak Kalurahan Caturharjo dan Murangan Triharjo (Sleman).

Advertisement

Angin kencang yang muncul melanda di kawasan Dukuh, Donokerto, Turi misalnya menyebabkan sejumlah kerusakan. Selain sejumlah pohon dilaporkan tumbang, angin kencang menyebabkan aliran listrik di dusun tersebut padam.

BACA JUGA: Kawasan Tugu Jogja Diguyur Hujan Es Sebesar Kelereng

Peristiwa tersebut juga menyebabkan kegiatan resepsi pernikahan salah satu warga Donokerto buyar. Pasalnya hujan lebat disertai angin kencang, memporak-porandakan tenda tamu yang untuk kegiatan resepsi. "Iya itu kejadian di Donokerto. Gendeng rumah warga beterbangan, beberapa rumah kejatuhan pohon," kata Rony salah seorang warga Donokerto, Turi, Rabu (3/3/2021).

Berdasarkan data BPBD Sleman, dampak dari peristiwa tersebut menyebabkan kerusakan setidaknya di lebih dari 25 titik di Sleman. Sebanyak 27 pohon dilaporkan tumbang dan belasan rumah warga rusak ringan. Selain itu, enam titik jaringan listrik rusak akibat tertimpa pohon. "Satu tower roboh dan satu mobil rusak tertimpa mobil di Pogung Baru. Satu falisilitas dan rumah ibadah rusak," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan.

Di Kalurahan Hargobinangun Kapanewon Pakem angin merusak salah satu tempat usaha akibat tertimpa pohon. Di Kalurahan Purwobinangun, enam pohon dilaporkan tumbang. "Dua rumah warga dilaporkan rusak ringan, dua titik Jaringan listrik rusak, satu tower roboh," katanya.

Di Donokerto, Kapanewon Turi dilaporkan 12 pohon tumbang, delapan rumah warga rusak ringan dan 33 titik jaringan listrik rusak. Satu fasilitas ibadah juga dilaporkan rusak ringan. Di Kalurahan Girikerto, hanya lima pohon yang dilaporkan tumbang.

Di Sinduadi, Mlati pohon merusak mobil warga yang tengah di parkir. Sementara di Sumberadi, Mlati, pohon tumbang merusak rumah warga. "Di Morojero, Tempel, pohon tumbang merusak jaringan listrik," kata Makwan.

Talud Jebol

Di Bluyah Gede Sinduadi Mlati, hujan yang terjadi menyebabkan aliran air saluran selokan di bawah Jalan Monjali meluap. Derasnya aliran selokan membuat talud saluran buang menuju ke sungai Code jebol. Dampaknya, luapan air menyebabkan banjir ke pemukiman warga RT.09 RW.33, Bluyah Gede.

"Sebanyak delapan rumah terendam luapan air selokan. Warga menutup arus aliran selokan dan saat ini kondisi banjir surut," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Gedung DPR di IKN Dimulai Tahun Depan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement