Advertisement

Merapi Luncurkan Awan Panas Lagi

Lugas Subarkah
Kamis, 04 Maret 2021 - 18:07 WIB
Bhekti Suryani
Merapi Luncurkan Awan Panas Lagi Luncuran awan panas Gunung Merapi menuju hulu Sungai Krasak sekitar pukul 12.44 WIB terlihat dari Kawasan Turi, Purwobinangun, Kapanewon Pakem, Sleman, Kamis (7/1/2021). - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Gunung Merapi kembali meluncurkan awan panas guguran pada kamis (4/3/2021) dini hari. Selain awan panas, pada periode pengamatan yang sama terjadi setidaknya 25 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1 km.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan teknologi kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, menjelaskan awan panas guguran terjadi pukul 03.57 WIB. “tercatat di seismogram dengan amplitude 38 mm, durasi 123 detik dan jarak luncur 1,2 km ke arah barat daya,” ujarnya.

Advertisement

Pada periode pengamatan yang sama, yakni pukul 00.00 WIB-06.00 WIB, BPPTKG juga mencatat terjadi 25 guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1 km ke arah barat daya. Pada aktivitas kegempaan, tercatat satu gempa awan panas guguran, 35 gempa guguran dan satu gempa hembusan.

BACA JUGA: Kini Warga Jogja Bisa Cetak Sendiri Administrasi Kependudukan

Sementara pada hari sebelumnya, Rabu (3/3/2021), BPPTKG mencatat terjadi 21 kali guguran lava dengan jarak luncur maksimum 1,5 km ke arah barat daya. Pada hari tersebut, tidak teramati kemunculan awan panas guguran.

Dengan tingkat aktivitas ini, status Gunung Merapi masih Siaga. Adapun ancaman bahaya saat ini meliputi guguran lava dan awanpanas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement