Disbud Jogja Ajak Generasi Muda Lestarikan Nilai Budaya

Peserta Diseminasi Nilai Budaya berfoto bersama. Acara ini digelar Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Jogja, di Hotel Harper Jalan Margo Utomo Jogja, Kamis (4 - 3). (ist)
05 Maret 2021 06:27 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja adalah kota istimewa. Jogja dibentuk oleh kekuatan lunak berupa nilai-nilai luhur budaya Jawa yang termanifestasikan dalam kehidupan keseharian masyarakatnya.

Sebagai upaya melestarikan nilai-nilai luhur di kalangan generasi muda, Pemerintah (Pemkot) Kota Jogja melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Jogja menggelar acara Diseminasi Nilai Budaya, di Hotel Harper Jalan Margo Utomo Jogja, Kamis (4/3).

Agenda yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat ini menghadirkan peserta perwakilan generasi muda warga masyarakat Kota Jogja dalam jumlah terbatas. Pelaksanaan dilakukan dalam tiga tahap, selain tahap pertama pada 4 Maret, rencana juga akan dilaksanakan pada 18 dan 23 Maret 2021.

Kepala Disbud Kota Jogja, Yetti Martanti menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengembangan implementasi nilai-nilai luhur dalam masyarakat Kota Jogja.

“Kami menyasar warga milenial di Kota Jogja, harapannya nilai-nilai luhur tradisi leluhur yang penuh filosofi kebaikan tidak tergerus oleh arus modernisasi,” jelas Yetti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Kamis.

Ia menambahkan kecintaan terhadap budaya, Tanah Air dan bangsa diharapkan dapat terimplementasi dengan baik di kalangan anak muda.  “Untuk itu kegiatan yang kami laksanakan ini mengusung tema Menumbuhkan Semangat Nasionalisme dalam Bingkai Tradisi Budaya Jogja bagi generasi Milenial,” katanya.

Kegiatan diseminasi nilai budaya ini dikemas dalam agenda yang menarik dan inovatif bagi kaum milenial. Seluruh peserta akan diajak untuk menyaksikan dan membahas film tentang semangat nasionalisme dan nilai-nilai budaya, dipandu oleh narasumber yang berkompeten. (ADV)