Masjid di DIY Bisa Dipakai sebagai Lokasi Vaksinasi

Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
24 Maret 2021 14:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Masjid-masjid di DIY berpeluang menjadi lokasi vaksinasi Covid-19.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menanggapi pernyataan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) yang mengatakan bahwa mulai bulan depan masjid dapat menjadi tempat vaksinasi Covid-19, khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar tempat ibadah umat Islam itu.

"Enggak masalah, kalau memang kelompok masyarakat akan menggunakan masjid sebagai lokasi vaksin tidak ada persoalan, jadi silahkan saja," kata Aji, kepada wartawan di Kompleks Kepatihan, Jogja, Rabu (24/3/2021).

Aji mengatakan penggunaan masjid sebagai lokasi penyuntikan vaksin Covid-19 sangat memungkinkan. Berbeda dengan pelaksanaan swab test yang menurutnya harus dilakukan di luar ruangan, vaksinasi dapat digelar di dalam ruangan seperti di masjid.

Baca juga: Ini Data Terbaru Kasus Covid-19 di Bantul

"Kan proses vaksinasi itu berbeda dengan proses testing swab. Kalau proses testing swab itu lokasinya biasanya di luar ruangan, supaya aman. Sedangkan untuk proses vaksinasi kita harus mencari tempat yang nyaman, tidak kepanasan, tidak sumuk, kemudian sirkulasi udara baik. Boleh menggunakan AC juga," ujarnya.

Karena itu, masjid dan tempat ibadah lain seperti gereja kata Aji bisa dipakai untuk penyelenggaraan vaksinasi. "Masjid dipakai, gereja dipakai gak ada masalah. Cuma memang selama ini kita menggunakan tempat-tempat untuk vaksinasi itu terutama untuk yang massal ya kita cari tempat lapang, seperti kemarin digelar di benteng Vredeburg, Pasar Beringharjo lantai tiga, JEC sampai taman Abu Bakar Ali," jelasnya

Baca juga: Jelang ASPD, Peserta Didik Diperbolehkan Belajar di Sekolah

Sebelumnya Ketua DMI, Jusuf Kalla menyatakan masjid yang akan menjadi tempat vaksinasi Covid-19 harus memiliki sarana penunjang, seperti halaman dan bangunan yang luas, serta fasilitas pendukung lainnya. Dipilihnya masjid sebagai alternatif lokasi vaksinasi bertujuan untuk mengejar capaian sasaran vaksinasi.