Sejumlah Dinas di Bantul Akan Dipisah dan Digabung

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih - Harian Jogja/Dok.
26 Maret 2021 16:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menargetkan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru selesai akhir tahun ini.

Akan ada sejumlah perubahan nama dinas di lingkungan Pemkab Bantul. "Insyaallah selesai di akhir triwulan ketiga," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Jumat (26/3/2021).

BACA JUGA: Pemkot Pastikan SD & SMP di Jogja Mulai Pembelajaran Tatap Muka Juli

Meski demikian, Bupati Halim belum bisa memberikan detail rencana perubahan SOTK. Akan tetapi, ada kemungkinan pemisahan Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan. Nantinya, Dinas Kelautan Perikanan akan berdiri sendiri, seperti pada 2010.

"Insyaallah dikembalikan," kata Halim.

Sekda Bantul Helmi Jamharis mengungkapkan sampai saat ini naskah akademik pembentukan SOTK baru masih dibahas dan ditargetkan selesai pada akhir tahun.

Helmi mengakui ada beberapa organisadi yang digabung dalam satu dinas. Ada pula yang dipisah menjadi dinas baru.

"Seperti Bagian Adminstrasi Desa yang akan digabung ke Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD). Bagian Pengendalian Penduduk akan digabung dengan Dinas Sosial  Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Dinsos P3A)," kata Helmi.

BACA JUGA: Pemkot Pastikan SD & SMP di Jogja Mulai Pembelajaran Tatap Muka Juli

Kepala Bagian Organisasi Biro Setda Bantul Agus Sriyana, mengatakan saat ini rancangan perubahan SOTK telah dipersiapkan dan akan dibahas pada April mendatang.

Menurut Agus perubahan SOTK nantinya  akan disesuaikan dengan nomenklatur dan unit kerja yang dikeluarkan masing-masing kementerian. Tujuan dari perubahan SOTK adalah untuk mewujudkan organisasi pemerintah yang tepat fungsi, tepat ukuran dan sinergis secara berkelanjutan.