Advertisement

Ribuan Sasaran Penerima Vaksin di DIY Tertunda

Sunartono
Sabtu, 27 Maret 2021 - 10:17 WIB
Bhekti Suryani
Ribuan Sasaran Penerima Vaksin di DIY Tertunda Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jumlah sasaran penerima vaksin yang terpaksa ditunda mencapai ribuan baik dari kalangan petugas publik maupun lansia.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie menjelaskan jumlah petugas publik yang sudah teregistrasi untuk divaksin sebanyak 278.268 dari jumlah itu sebanyak 113.151 orang sudah diberikan pada dosis pertama dan sebanyak 1.505 calon penerima vaksin tertunda karena sejumlah hal. Adapun pada dosis kedua telah diberikan kepada 48.148 orang, sedangkan yang ditunda sebanyak 49 orang. Penundaan itu disebabkan karena faktor kesehatan seperti tensi terlalu tinggi.

Advertisement

“Kemudian untuk lansia, yang divaksin dosis pertama sebanyak 27.066 yang ditunda 211. Untuk dosis kedua sebanyak 302 sampai hari ini yang ditunda belum ada untuk lansia,” ungkapnya Jumat (26/3/2021).

BACA JUGA: Menpora Beri Rekomendasi Kompetisi Futsal Digelar di Jogja

Pembajun menyatakan terkait vaksin untuk siswa dan mahasiswa yang akan melakukan pembelajaran tatap muka, Pemda DIY masih menunggu arahan dari pusat. Namun saat ini DIY menyiapkan dosis untuk tenaga pengajarnya. Sehingga sebelum tatap muka, maka semua tenaga pengajar harus sudah divaksin.

“Beberapa perguruan tinggi di Jogja sudah meminta kepada pemerintah untuk bisa difasilitasi vaksinasi. UGM telah diberikan vaksinasi untuk lansia saja dengan sasaran sekitar 2.000, kemudian dalam waktu dekat ini UNY sebanyak 3.500 orang. Selain itu UII tenaga pengajar 2.500 juga akan divaksin

Pembajun belum dapat memastikan terkait vaksinasi untuk siswa dan mahasiswa sebelum dilakukan pembelajaran tatap muka. Hal ini sangat bergantung pada kesediaan vaksin yang akan dipakai.

“Soal mahasiswa atau siswa yang akan tatap muka apakah harus divaksin, saya pikir pemerintah akan melihat kekuatan dan kesediaan vaksin yang akan dipakai. Saat ini untuk DIY baru ada sinovac dan Astrazeneca,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement