Advertisement

Tahun Lalu Ditunda, 20 KK Asal Bantul akan Diberangkatkan Transmigrasi Tahun Ini

Catur Dwi Janati
Minggu, 28 Maret 2021 - 07:17 WIB
Nina Atmasari
Tahun Lalu Ditunda, 20 KK Asal Bantul akan Diberangkatkan Transmigrasi Tahun Ini Ilustrasi. - AntaraFoto/ Yusran Uccang

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Program transmigrasi yang sempat tertunda karena pandemi 2020, rencananya akan kembali digulirkan tahun ini. Sebanyak 20 KK direncanakan berangkat di akhir 2021 nanti.

Sekretaris Disnakertrans Bantul Istirul Widilastuti menerangkan pemberangkatan transmigrasi akan dilakukan bagi 20 KK warga Bantul. Seharusnya 20 KK tersebut berangkat pada 2020. Pandemi membuat keberangkatan mereka tertunda dan baru akan terlaksana di 2021.

Advertisement

"Pemberangkatan transmigrasi yang 2020 tertunda karena pandemi. Sekarang sesuai surat pusat dan juga dari DIY bahwa tahun ini ada perintah untuk pemberangkatan transmigrasi untuk 20 KK, ini hanya untuk yang tahun lalu tertunda, sementara itu," jelasnya Jumat (26/3/2021).

Baca juga: Daripada Dikelola Pemkab Kulonprogo, Dewan Lebih Setuju Gerbang Samudra Raksa Ditangani Swasta

Persiapan calon transmigrasi pun terus diperkuat. Persiapan meliputi seleksi adminstrasi hingga pelatihan. "Ada seleksi administrasi, ada seleksi kesehatan. Kita nanti melatih mereka yang mau berangkat, kita bekali dengan berbagai macam keterampilan, baik pertanian perkebunan dan keterampilan yang lain," jelasnya.

Istirul berharap diselenggarakannya kembali program transmigrasi dapat membantu dalam pemerataan penduduk dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Baca juga: Pengin Beli Rumah? Ada Promo KPR di Tiga Bank Besar Ini

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan warga dan untuk mengurangi ketimpangan antar wilayah. Di satu sisi yang padat penduduknya di pulau Jawa di luar Jawa kan tidak padat," tandasnya.

"Diharapkan dengan adanya program trasmigrasi untuk mengurangi ketimpangan dan menjaga kedaulatan negara. Rata-rata nanti akan ditransmigrasi di Sulawesi dan Kalimantan. Saat ini masih ada daftar tunggu sekitar 79 KK yang belum diberangkatkan," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Temukan 3 Proyektil Peluru di Jasad Wanita Korban Penembakan di Kapus Hulu Kalbar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement