Advertisement

KABAR DUKA: Kenangan Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti dengan Almarhum Gusti Hadi

Sirojul Khafid
Rabu, 31 Maret 2021 - 11:17 WIB
Bhekti Suryani
KABAR DUKA: Kenangan Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti dengan Almarhum Gusti Hadi Gusti Hadiwinoto (tengah)-Harian Jogja - Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Hadiwinoto. Dalam kenangannya, Gusti Hadi (sapaan KGPH Hadiwinoto) merupakan sosok yang konsen pada kesejahteraan masyarakat.

Pernah suatu ketika, di depan Alun-alun Utara akan ada penertiban pedagang dari Pemerintah Kota Jogja. "Lha iki masyarakate njuk piye?" Kata Haryadi menirukan respons Gusti Hadi, Rabu (30/3/2021).

Advertisement

Lantaran Kraton Jogja merasa tidak bisa memberikan sesuatu, maka wilayah itu harus memberikan nilai-nilai ekonomi.

Di sisi lain, Gusti Hadi juga konsen terhadap sesuatu yang sifatnya budaya atau cagar budaya. Salah satu kejadian, kawasan Jalan A.M Sangaji yang memiliki beberapa cagar budaya hendak dijadikan kawasan ekonomi.

BACA JUGA: YouTube Bakal Sembunyikan Jumlah Dislike Video, Ini Alasannya

Pemerintah daerah susah menolak rencana dari pihak di atasnya. Maka konsultasilah pada Gusti Hadi terkait rencana itu. "Ajukan ke Kraton Jogja melalui Gusti Hadi. [Akhirnya rencana itu] ditolak," kata Haryadi. "Satu sisi bicara pemberdayaan ekonomi, di sisi lain bicara menjaga haritage Kraton yang sangat penting."

Selama hidupnya, Haryadi melihat Gusti Hadi sebagai sosok yang membuat Kraton sebagai pihak yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Haryadi berdoa agar Gusti Hadi khusnul khatimah, diterima amal baiknya, mendapat yang terbaik, serta putra-putrinya menjadi amal jariyah sebagai anak-anak yang soleh serta sholehah.

"Saya atas nama pemerintah, atas nama pribadi, atas nama masyarakat serta teman-teman muspida Jogja, kami sangat kehilangan sosok KGPH HadiHadiwinoto. Beliau selalu menjadi panutan kita bersama, dalam statusnya sebagai penghageng Kraton Jogja," kata Haryadi.

Pertemuan terakhir Haryadi dengan Gusti Hadi terjadi sekitar 1,5 bulan lalu. Kala itu Gusti Hadi masih terlihat sehat. Namun belakangan ini, Haryadi mendengar kabar bahwa dia sedang sakit.

Dikabarkan sebelumnya adik kandung raja Kraton Jogja Sri Sultan HB X, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Hadiwinoto meninggal dunia pada Rabu (31/3/2021) pukul 08.30 WIB di Rumah Sakit Dr Sardjito, Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement