Advertisement

Travel Pattern Diharapkan Berdampak pada Hotel dan Restoran

Ujang Hasanudin
Senin, 05 April 2021 - 10:17 WIB
Sunartono
Travel Pattern Diharapkan Berdampak pada Hotel dan Restoran Ilustrasi hotel - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ketua DPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranawa menyambut baik wacana travel pattern yang digagas Badan Otorita Boribudur dan diharapkan akan berdampak pada hotel dan restoran di DIY.

“Jadi apapun programnya kita dukung, yang jelas kita itu pariwisata itu tidak bias disekat, jadi [wisatawan dari] Jogja bisa ke Borobudur atau ke Magelang atau kemana,” kata Deddy, melalui sambungan telepon, Minggu (4/4/2021).

Advertisement

Menurut Deddy pariwisata itu tidak bias disekat “Bisa saja orang pengennya menginap di Jogja wisatanya di Borobudur kan bisa karena segmen pasar itu akan terbentuk sendiri, ini jadi tantangan destinasi masing-masing di Jogja, Solo, Semarang,” kata dia.

Yang menjadi tantangan bagi dia adalah bagaimana semua destinasi wisata bisa mengkreasikan untuk menarik minat wisatawan. Demikian juga pelayanan di hotel dan restoran sehingga akan terjadi persaingan yang sehat bagaimana mengikat wisatawan untuk menginap di hotel di DIY dan wilayah sekitarnya.

Long Weekend

Sementara itu terkait libur panjang Paskah, Deddy menyatakan ada peningkatan okupansi atau tingkat hunian hotel rata-rata 50%, namun peningkatannya dibanding hari biasa sebesar 30%, dari yang tadinya 20% meningkat 30% terutama di Jumat dan Sabtu, pekan lalu.

Namun peningkatan tersebut diakui Deddy masih terpusat di wilayah tengah dan utara DIY atau belum merata sampai hotel bintang dan non bintang di wilayah timur dan barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement