Razia Narkotika Lapas Cebongan Nihil Temuan

Tim Gabungan menggeledah sel Lapas II B Sleman, Selasa (6/4/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
06 April 2021 14:07 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Sebagai upaya pencegahan peredaran narkotika di lembaga permasyarakatan (lapas), Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sleman, beserta tim gabungan dari TNI dan Polri menggelar penggeledahan dan razia di Lapas II B Sleman.

Kasi Pemberantasan BNNK Sleman, Mulyadi, menjelaskan dari operasi gabungan ini, tim gabungan tidak menemukan adanya narkotika maupun barang-barang yang identik dengan narkotika di lapas yang lebih dikenal Lapas Cebongan ini.

"Tidak ada indikasi maupun ditemukan untuk barang-barang yang berhubunhan dengan narkotika. Hasilnya saya kira ini sangat bagus," ujarnya kepada wartawan usai memeriksa sejumlah sel, Selasa (6/4/2021).

Dalam operasi ini pihaknya juga tidak menemukan ponsel. Menurutnya, ponsel bisa digunakan penghuni lapas untuk bertransaksi dengan orang luar. "Tapi ini kita lakukan operasi pagi ini ternyata barang-barang yang ditemukan itu tidak ada," ungkapnya.

Baca juga: Lebaran 2021, ASN Diminta Jadi Contoh Tidak Mudik

Meski demikian, tim gabungan tetap menyita sejumlah benda yang diduga bisa membahayakan penghuni lapas seperti benda tajam berupa paku kecil dan kabel yang diduga berasal dari charger atau MP3.

Kepala Lapas II B Sleman, Kusnan, mengatakan benda-benda tersebut disita karena berpotensi membahayakan. Ia mencontohkan seperti kabel yang jika disambung-sambung dapat digunakan untuk gantung diri.

Sementara paku yang ditemukan menurutnya bisa saja digunakan untuk membuat prakarya. "Dari segi keamanan membahayakan. Bisa kami dalami terlebih dulu. Mungkin untuk prakarya atau lainnya," ungkapnya.