Puasa, Puluhan Tempat Karaoke di Parangtriris & Parangkusumo Tutup Sepekan

Polisi memberikan arahan kepada pengunjung di Pantai Parangtritis, Minggu (14/2/2021). - Harian Jogja/Jumali
13 April 2021 15:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Puluhan tempat karaoke di kawasan Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtritis menutup usahanya selama sepekan pada awal Ramadan 2021.

Penutupan usaha ini dilakukan untuk menghormati bulan suci Ramadan.

BACA JUGA: TPF Bongkar Keterlibatan Guru & Kepala Sekolah Terkait Bocornya Soal ASPD di SMP N 4 Depok

Ketua Paguyuban Pengusaha Hiburan Malam Kawasan Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtriris Dedi Nugroho mengatakan penutupan usaha dilakukan atas inisiatif anggota paguyuban. Penutupan usaha kali ini, lebih lama dibandingkan awal Ramadan tahun sebelumnya.

"Tahun lalu hanya empat hari," kata Dedi, Selasa (13/4).

Menurut Dedi, para pekerja di tempat hiburan malam di kawasan tersebut juga telah diminta untuk libur. Mereka akan diminta kembali bekerja setelah libur usaha selesai.

Penutupan usaha, sejatinya berdampak pada penurunan pendapatan kepada anggotanya. "Ya, kira-kira sampai 40 persen turunnya. Tapi, enggak masalah. Karena ini sudah kebijakan bersama untuk menghormati puasa," kata dia.

BACA JUGA: Bantul Pastikan Tak Ada Pelanggaran Prokes di Padusan & Hari Pertama Tarawih

Terpisah, Kapolsek Kretek Kompol S Parmin mengatakan telah mengetahui penutupan usaha karaoke di wilayahnya. Polsek Kretek tetap akan mengawasi keamanan maupun protokol kesehatan.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kapanewon Kretek untuk pengawasan penerapan protokol kesehatan," kata kapolsek.