Advertisement

Ditodong Pakai Clurit, Pedagang Pasar Semin Kehilangan Uang Jutaan Rupiah

David Kurniawan
Minggu, 25 April 2021 - 13:17 WIB
Nina Atmasari
Ditodong Pakai Clurit, Pedagang Pasar Semin Kehilangan Uang Jutaan Rupiah ILustrasi penjambretan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Seorang pedagang di Pasar Semin, Yuniati,30, menjadi korban pembegalan di ruas jalan Semin-Cawas, Minggu (25/4/2021) sekitar pukul 02.00 WIB. Meski berhasil selamat, korban harus rela kehilangan uang tunai sebesar Rp4 juta.

Peristiwa nahas ini bermula saat Yuniati berangkat dari rumahnya di Kalurahan Bendung menuju Pasar Semin untuk berjualan. Ia naik sepeda motor Honda Supra X AB 6867 HW sendirian. Setibanya di jalan raya, korban dipepet pengendara motor yang berboncengan hingga terjatuh.

Advertisement

Setelah terjatuh, Yuniati diancam menggunakan senjata tajam jenis clurit agar menyerahkan barang yang didalam tasnya. Korban tak berdaya hingga akhirnya menyerahkan tas berisi smartphone dan uang tunai Rp4 juta dibawa kabur oleh orang tak dikenal.

Baca juga: Terminal di Jakarta akan Tes Acak Covid-19 Pelaku Perjalanan Darat

Lurah Bendung, Didik Rubiyanto membenarkan adanya peristiwa pembegalan yang menimpa salah seorang warganya. Menurut dia, korban terpaksa menyerah tas yang dimiliki karena diancam menggunakan celurit.
"Kontan korban takut hingga terpaksa menyerahkan isi tasnya," kata Didik, Minggu sia.

Menurut dia, peristiwa ini sudah dilaporkan ke Polsek Semin. Didik berharap peristiwa ini menjadi pembelajaran bersama sehingga tidak keluar rumah sendirian, khususnya pada saat malam maupun dini hari. "Korban sempat syok, tapi kondisinya sekarang sudah membaik," ujarnya.

Kapolsek Semin Akap Arif Heriyanto membenarkan adanya laporan pembegalan yang terjadi di ruas Jalan Semin-Cawas dengan korban pedagang di Pasar Semin. Laporan dilakukan pada Minggu sekitar pukul 08.30 WIB.

"Korban seorang perempuan yabg kehilangan tas berisi smarphone dan uang tunai Rp4 juta," kata Arif.

Baca juga: Terungkap! Data Kualitas Udara China Direkayasa

Menurut dia, petugas sedaang melakukan penyelidikan untun mengungkap kasus ini. Selain memeriksa korban, pihaknya juga telah melakukan olah tempat kejadian perkara.

"Di sekitar lokasi tidak ada CCTV, korban pun tidak ingat sepeda motor dan ciri pelaku namun kami masih melakukan penyelidikan," ujarnya.

Ia menambahkan, hasil dari pemeriksaan korban tidak hanya diancam karena juga mengalami kekerasan secara verbal. "Pelaku memepet dan mendorong korban hingga terjatuh dari motor yang dinaiki," ujarnya.

Dengan tingginya angka kriminalitas di wilayah Polres Gunungkidul, Arif mengimbau kepada masyarakat agar tetap berwaspada dan hati-hati saat beraktivitas. Terlebih jika malam hari agar tidak sendirian.

"Upaya patroli kamtibams terus dilakukan. Tapi untuk efektivitas juga butuh peran dan partisipasi dari masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement