Advertisement

Hamas Jogokaryan Beri Bantuan Keluarga Awak KRI Nanggala 402

Yosef Leon
Senin, 26 April 2021 - 14:57 WIB
Sunartono
Hamas Jogokaryan Beri Bantuan Keluarga Awak KRI Nanggala 402 Suasana pemberian bantuan oleh HAMAS Jogokariyan kepada Lanal Jogja di Mako setempat pada Senin (26/4). - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOKUSUMAN - Himpunan Anak-anak Masjid (HAMAS) Jogokaryan menyerahkan sejumlah dana bantuan kepada TNI AL dan keluarga korban awak kapal KRI Nanggala-402. Bantuan uang tunai dengan jumlah kurang lebih Rp21 juta itu diserahkan kepada perwakilan Pangkalan TNI AL Jogja atau Lanal Jogja di Baciro, Senin (26/4/2021).

Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokaryan, Ustaz Muhammad Jazir mengatakan, bantuan tersebut ditujukan untuk mendukung armada angkatan laut yang kuat. Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim tentu mesti mempunyai alat persenjataan angkatan laut yang canggih pula guna mendukung pengamanan di wilayah laut.

Advertisement

BACA JUGA : Dinyatakan Gugur, Komandan KRI Nanggala-402 yang Tenggelam Adalah Almuni SMA Muhammadiyah 1 Jogja

"Kami harap cara yang sederhana ini adalah sebagai suatu sumbangsih kami kepada bangsa," ujarnya.

Dia menyebut, upaya itu juga sebagai bentuk edukasi kepada anak muda dan generasi penerus agar punya jiwa dan semangat bela negara dan cinta tanah air. Selain itu, langkah itu juga demi mendorong seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa berkontribusi demi menghasilkan armada laut baru pengganti KRI Nanggala-402.

Dalam kesempatan itu uang tunai sebanyak Rp21 diserahkan kepada perwakilan Lanal Jogja. Nantinya senilai Rp15 juta diperuntukkan bagi keluarga korban awak kapal KRI Nanggala-402 dan sisanya disumbangkan untuk membeli armada angkatan laut yang baru.

BACA JUGA : Keluarga Korban Kapal Selam KRI Nanggala Asal Bantul Gelar Doa Tahlil Selama 7 Hari

"Sehingga kami akan bangga memiliki angkatan laut yang kuat," kata Ustaz Jazir.

Dana tersebut merupakan upaya kolektif yang dilakukan untuk pembelian kapal selam yang diusahakan sebagai pengganti KRI Nanggala-402 yang sedang tertimpa musibah. Ikhtiar ini disebut sebagai wujud kecintaan terhadap wilayah Indonesia yang perlu dijaga. Indonesia adalah negara kelautan, sehingga sudah semestinya armada laut harus dikuatkan.

"Maka kami gerakkan masyarakat Indonesia untuk barengan patungan membantu angkatan laut kita agar mempunyai armada yang kuat untuk menjaga kekayaan dan keutuhan wilayah Indonesia" ungkap Ustaz Jazir.

BACA JUGA : Dinyatakan Gugur, Komandan KRI Nanggala-402 yang

Komandan Pangkalan Laut (Danlanal) Jogja, LetKol Laut (KH/W) Damayanti mengatakan, pihaknya mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh HAMAS Jogokaryan itu. "Terima kasih atas bantuan dan doanya kepada para pahlawan dan patriot bangsa," katanya.

Bantuan tersebut nantinya akan diteruskan kepada keluarga yang berada di Bantul dan juga Wonogiri. Sementara bantuan yang lain akan dilaporkan kepada Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) untuk ditindaklanjuti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement