Polda DIY: Pengawasan Prokes Perayaan Idulfitri Dilaksanakan Satgas Covid-19 Wilayah

Foto ilustrasi. - Antara Foto
12 Mei 2021 08:17 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Idulfitri 1442 Hijriah tiba di saat Pandemi COvid-19 masih melanda. Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yulianto, mengatakan karena tahun ini takbir keliling ditiadakan dan salat Idulfitri dilaksanakan di masjid kampung, maka pengawasan dilakukan oleh Satgas Covid-19 wilayah.

"Sesuai SE Kemenag, takbir keliing kan gak ada, salat id tidak di lapangan tapi di lingkungan masjid masing-masing. Wilayah pasti laksanakan pemantauan dan imbauan," ujarnya, Selasa (11/5/2021).

Mengacu pada SE Kementerian Agama No 07/2021 tentang Panduan Pelaksanaan Solat Idul Fitri 1442 Hijriah, takbiran dilaksanakan di masjid atau musala masing-masing dengan jumlah peserta maksimal 10% dari kapasitas.

Salat Idulfitri boleh dilaksanakan di masjid lingkungannya dengan protokol kesehatan, kecuali wilayah yang termasuk zona merah dan oranye, yang diminta melaksanakan salat di rumah masing-masing.

"Silaturahmi Idulfitri agar dilakukan hanya bersama keluarga terdekat dan tidak menggelar open house atau halal bi halal di lingkungan komunitas atau kantor," katanya.