Jumlah Kendaraan Luar Kota Masuk Jogja Berkurang

Suasana pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan Prambanan, Jumat (14/5/2021). - Harian Jogja - Yosef Leon
16 Mei 2021 17:17 WIB Yosef Leon Pinsker Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Petugas penyekatan larangan mudik di Kota Jogja belum mendapati lonjakan arus balik Lebaran yang signifikan pada Minggu (16/5/2021). Pemudik yang ingin kembali ke kota asalnya disebut jarang mengambil jalur dalam kota sebagai rute jika ingin keluar dari Kota Jogja.

"Biasanya kan lewat Ring Road, kalau dalam kota jarang. Makanya arus balik masih belum signifikan," kata AKP Agus Hariyato, Kepala Pos Penyekatan Wirobrajan.

Dia menjelaskan, pada H+3 Lebaran ini pihaknya masih memeriksa kendaraan yang masuk ke wilayah Jogja. Namun, jumlah kendaraan berpelat luar semakin sedikit.

"Makin ke sini semakin jarang. Tadi ada yang diperiksa cuma sekitar tiga atau empat kendaraan," ujarnya.

Agus menambahkan, sebagian besar kendaraan itu merupakan wisatawan asal Purworejo dan juga Kebumen yang ingin berlibur di Jogja. Pihaknya tetap memeriksa kelengkapan dokumen pengendara seperti surat bebas Covid-19.

BACA JUGA: Pencarian Korban Perahu Tenggelam di Waduk Kedungombo hingga Kedalaman 20 Meter

"Pelat Jakarta semakin jarang. Syarat perjalanan masih sama yakni keterangan bebas Covid-19," imbuh dia.

Pihaknya juga menyediakan layanan tes Covid-19 acak kepada pengendara asal luar kota. Dari seluruh pengendara yang dilakukan tes Covid-19 belum ada yang didapati memperoleh hasil positif Covid-19.