Advertisement

Pemulihan Wisata DIY Diawasi Ketat

Ujang Hasanudin
Rabu, 19 Mei 2021 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
Pemulihan Wisata DIY Diawasi Ketat Objek wisata Watu Goyang, Mangunan, Dlingo. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) ikut mengawal pemulihan ekonomi dari sektor wisata di DIY.

Kepala BPKP, Muhammad Yusuf Ateh mengatakan program pembangunan yang dirancang oleh Pemerintah Pusat dan pemerintah provinsi, serta pemerintah kabupaten/ kota harus selaras dan fokus untuk mendukung pemulihan ekonomi ditengah pandemi yang belum sepenuhnya berakhir.

Advertisement

BACA JUGA: Tarik Parkir Rp5.000 untuk Motor, Dua Tukang Parkir di Jogja Didenda Rp500.000

“Ada tiga kunci agar pemulihan ekonomi lebih cepat, yaitu anggaran pemerintah pusat dan daerah [APBN dan APBD] yang efektif dan efisien mendukung prioritas pembangunan, serta peningkatan investasi karena prosedur yang semakin mudah”, kata Yusuf Ateh seusai Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan DIY di Gedung Pracimasono, Kompleks Kepatihan Pemda DIY, Rabu (19/5/2021).

Yusuf Ateh mengatakan pengawasan  sudah dilakukan saat ini dan ada di beberapa tempat. Pembahasan mengenai bagaimana akuntabilitas keuangan pada tema-tema tertentu di masing masing daerah. “Khusus DIY bidang pariwisata karena DIY daerah pariwisata,” kata dia.

BPKP telah merancang pengawasan atas akuntabilitas perencanaan dan penganggaran di daerah, sebagai media untuk membantu pemerintah daerah memastikan efektivitas dan efisiensi rancangan program, kegiatan, dan sub-kegiatannya termasuk prioritas anggarannya.

“Saat ini sistem informasi evaluasi perencanaan dan penganggaran APBD sudah siap digunakan dan dalam pelaksanaannya tentunya membutuhkan sinergi dan kolaborasi bersama APIP di daerah”, katanya.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengatakan berbicara pariwisata memang dilematis saat ini. Satu sisi mengundang kerumunan di tengah pandemi Covid-19, namun di sisi lain juga merupakan daya dongkrak ekonomi. Akan tetapi keduanya harus berjalan baik protokol kesehatan maupun peningkatan ekonomi.

“Ini tidak mudah tapi bagi saya harus melaksanakan program yang sudah disepakati dengan desa-desa dalam kongres kebudayaan desa bagaimana desa bisa tumbuh dan berkembang kami sudah punya pengalaman,” kata Sultan.

BACA JUGA: Ini 5 Negara yang Segera Bebas Masker, Ada Israel

Menurut Sultan, sejumlah objek wisata yang selama ini dikawal oleh Pemda DIY tumbuh dan berkembang seperti kawasan wisata di Mangunan, Tebing Breksi Sleman, hingga kawasan wisata di Gedangsari Gunungkidul. Sultan berharap sektor wisata terus berkembang. Namun pihaknya juga meminta pengawasan dari BKPP terutama dalam penganggarannya.

Pemerintah desa saat ini banyak sumber anggarannya baik dari Pemda DIY, pemerintah pusat, bahkan dana keistimewaan yang bisa diaplikasikan untuk pengembangan sektor wisata, “Bagaimana agar tidak menimbulkan beban tapi justru ini program harus dilaksanakan dengan nyaman,” ucap Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement