Advertisement

Ini Besaran Kuota PPDB SMP dan SD di Gunungkidul

David Kurniawan
Kamis, 27 Mei 2021 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
Ini Besaran Kuota PPDB SMP dan SD di Gunungkidul Ilustrasi PPDB. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul akan mensosialisasikan pelaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021-2022. Rencanannya pendaftaran dimulai pertengahan Juni mendatang.

Sekretaris Disdikpora Gunungkidul, Sudyo Marsita mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan petunjuk teknis untuk pelaksanaan PPDB. Rencananya peraturan ini segera disosialisasikan ke sekolah agar pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar. “Sistemnya tetap sama dengan cara mendaftar online,” kata Sudyo, Kamis (27/5/2021).

Advertisement

Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan PPDB tidak berbeda jauh dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya. Indikator penerimaan tetap ditentukan oleh jalur zonasi, jalur afirmasi, perpindahan tugas orangtua/wali serta jalur prestasi. “Perbedaannya hanya sedikit. Tahun lalu kuota untuk difabel ada sendiri, tapi sekarang masuk dalam jalur afirmasi bersama-sama dengan jatah untuk siswa kurang mampu,” katanya.

BACA JUGA: Heroe Poerwadi Klaim Belum Ada Efek Samping Vaksin AstraZeneca di Jogja

Menurut Sudyo, jalur zonasi masih memiliki porsi terbesar karena kuotanya mencapai 50% dari kuota yang tersedia. Sedangkan sisanya 15% untuk jalur afirmasi, 5% untuk perpindahan tugas orang tua. “Untuk yang 30% tersisa, penerimaannya melalui jalur prestasi,” katanya.

Disinggung mengenai pemetaan zonasi, Sudyo mengakui proses tidak berbeda dengan pelaksanaan di tahun sebelumnya. “Sudah ada petanya dan nanti jadi acuan didalam pelaksanaan,” katanya.

Ia menambahkan, pendaftaran siswa baru akan dimulai pertengahan Juni mendatang dimulai dari tingkat Paud, TK hingga SD dan SMP. “Akan dimulai tingkat Paud dan TK, kemudian baru SD dan SMP. Untuk SMP rencananya dilaksankaan 22-15 Juni,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement