Advertisement

Pemkot Minta Pedagang Tak Gugat Wisatawan Pembocor Harga Nuthuk di Kawasan Sekitar Malioboro

Anton Wahyu Prihartono
Jum'at, 28 Mei 2021 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Pemkot Minta Pedagang Tak Gugat Wisatawan Pembocor Harga Nuthuk di Kawasan Sekitar Malioboro Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi. - Harian Jogja/Heroe Poerwadi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ihwal pernyataan salah seorang pedagang lesehan di Malioboro yang akan menggugat pengunggah kasus pecel lele yang viral, Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi angkat bicara.

"Saya telah bicara dengan paguyuban dan komunitas Malioboro, tidak ada yg akan mengajukan gugatan. Artinya jikalau ada yang mau menggugat, itu bukan tindakan komunitas dan paguyuban. Saya mencoba utk komunikasi dengan Pak Sukidi [pihak yang menyatakan ingin menggugat], tapi belum berhasil," kata Heroe, Jumat (28/5/2021).

Advertisement

Ia menilai, para pedagang tidak perlu mempermasalahkan pengunggah kasus pecel lele yang viral karena mengungkap praktik nuthuk harga di sekitar kawasan Malioboro tersebut. Sebab wisatawan tidak tahu itu wilayah malioboro atau Jalan Perwakilan, lokasi kasus nuthuk harga. Wisatawan tahunya berada di kawasan Malioboro.

BACA JUGA: Kuota CPNS DIY Masih Jauh dari Kebutuhan

"Jadi meskipun ternyata akhirnya terkuak, bahwa semua pedagang di Jalan Malioboro tidak ada yang memberikan harga yang tidak wajar, tetapi yang melakukan adalah pedagang di Jalan Perwakilan," ujar dia.

Heroe berharap kasus ini dijadikan sebagai momentum instrospeksi untuk meningkatkan layanan kepada para wisatawan. Kasus tersebut kata dia, dalam beberapa hal bisa memberikan informasi tentang sesuatu yang harus diperbaiki.

Misalnya tentang pedagang yang tidak mencantumkan harga secara utuh sehingga bisa menjebak pembeli. Contoh pedagang menjual pecel lele, hanya memberi keterangan harga pecelnya, padahal itu sudah menjebak. Untuk itu kata dia, Pemkot akan ajak para pedagang untuk menjual dagangan dalam satu paket.

"Pecel lele itu ya komplet sudah dengan nasi, lalapan dan sambelnya. Tapi masih bisa menawarkan, jika tambahan lele, lalapan, Sambel, nasi ya di beri harga sendiri," katanya.

Ditambahkannya, dirinya akan hubungi Sukidi untuk mengurungkan niat menggugat wisatawan. Ditambahkannya, petugas Jogoboro yang berjaga 24 jam di Malioboro bisa turut membantu semua persoalan yang ada di wilayah tersebut. Termasuk jika menghadapi harga yang tidak wajar.

"Maka di gate atau gerbang zonasi di Malioboro akan kita tempel info pengaduan. Atau petugas yang jaga gate/gerbang itu juga bisa melayani pengaduan," papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PPP Disebut Pengamat Segera Gabung Prabowo

News
| Selasa, 16 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement