Advertisement

Setelah Lebaran, Begini Gambaran Penularan Covid-19 DIY

Ujang Hasanudin
Rabu, 02 Juni 2021 - 16:47 WIB
Budi Cahyana
Setelah Lebaran, Begini Gambaran Penularan Covid-19 DIY Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DIY Berti Murtiningsih mengatakan kasus penularan Covid-19 dua pekan setelah Lebaran Idulfitri ini masih fluktuatif dan elum menampakan peningkatan yang cukup tinggi.

“Tentunya penularan masif masih  terus terjadi. Tracing terhadap kasus positif yang ditemukan juga tetap dilakukan secara masif,” kata Berty, Rabu (2/6/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Minta Bantuan Polres & Kodim, Pemkab Bantul Akan Paksa Warga Trimurti yang Menolak Tes Swab

Dengan masih munculnya penularan Covid-19 DIY, Berty meminta masyarakat untuk tetap meningkatkan disiplin protokol kesehatan secara optimal, seperti mengenakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. “Hindarilah kerumunan serta kurangi bepergian apabila tidak mendesak dilakukan,” kata dia.

Acara-acara perkumpulan mestinya dikurangi, namun bila mendesak harus dilakukan dengan tetap taat pada protokol keaehatan. Dia berharap kasus penularan Covid-19 di DIY segera terkendali dengan pengetatan protokol kesehatan demi kepentingan bersama.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DIY, KGPAA Paku Alam X mengatakan meski beberapa klaster penularan Covid-19 muncul di Sleman dan Bantul, kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan juga cukup tinggi.

Paku Alam membandingkan penularan kasus Covid-19 pada Lebaran tahun lalu dengan Lebaran tahun ini yang cenderung menurun.

Wakil Gubernur DIY ini juga membandingkan kasus penularan Covid-19 di DIY ini masih lebih sedikit jika dibanding daerah lain. Paku Alam tidak menampik masih adanya penularan Covid-19, tetapi sudah jauh lebih sedikit. Artinya kesadaran masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan sudah meningkat.

Paku Alam mengatakan selain melalui tracing dan testing masif dalam penanganan Covid-19, pemerintah juga akan memasifkan vaksinasi Covid-19. Bahkan dia bercita-cita DIY menjadi salah satu daerah yang pertama menyelesaikan vaksinasi Covid-19.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement