24 TK di Kulonprogo Jalani Simulasi PTM, Maksimal 5 Siswa yang Ikut

03 Juni 2021 08:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Guna memastikan kesiapan siswa dalam mengikuti pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) yang bakal dilaksanakan pada Juli 2021 mendatang, sebanyak 700 siswa tingkat taman kanak-kanak mengikuti kegiatan simulasi pembelajaran tatap muka pada Rabu (2/6/2021) hingga Jumat (4/6/2021).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kulonprogo, Arif Prastowo, mengatakan kegiatan simulasi diikuti oleh setiap dua taman kanak-kanak di setiap kapanewon. Artinya, ada 24 taman kanak-kanak yang mengikuti kegiatan simulasi.

BACA JUGA : SD & SMP di Jogja Diminta Siapkan Opsi PTM untuk Ajaran

"Setiap TK rata-rata memiliki 30 siswa sehingga total peserta simulasi mencapai 700 anak. Mulai hari ini sampai tanggal 4 Juni 2021 nanti kita laksanakan simulasi PTM untuk tingkat TK, ini merupakan langkah awal kami sebelum memulai PTM Juli depan," kata Arif pada Rabu (2/6/2021).

Pelaksanaan simulasi PTM di tingkat taman kanak-kanak hanya dihadiri oleh sekitar lima orang. Tidak seluruh siswa mengikuti kegiatan PTM. Oleh karena itu, mekanisme sif juga diambil oleh masing-masing taman kanak-kanak.

"Jumlah sif mengikuti kemampuan masing-masing taman kanak-kanak. Yang jelas maksimal siswa yang diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan simulasi hanya lima anak dalam satu kelas," kata Arif.

Lebih lanjut, jika pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka di tingkat taman kanak-kanak berjalan baik tanpa ada kendala yang berarti, maka Disdikpora Kabupaten Kulonprogo rencananya bakal melakukan kegiatan simulasi kepada 100 taman kanak-kanak di bawah naungan Disdikpora.

BACA JUGA : PTM di Jogja Ditunda, Sekolah Lega

"Jika pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka di level taman kanak-kanak berhasil dilaksanakan, kami rencananya juga akan melakukan simulasi PTM di tingkat pendidikan anak usia dini [PAUD]," kata Arif.

Sementara itu, di hari yang sama, pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka juga menyasar kepada sekolah dasar sebanyak 338 sekolah. Sedangkan, di level sekolah menengah pertama sebanyak 68 sekolah.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Kulonprogo, Sutedjo turut menyempatkan diri untuk meninjau pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka di level taman kanak-kanak, SD, maupun SMP pada Rabu (2/6/2021).

"Berdasarkan pantauan yang kami lakukan, seluruh sekolah baik itu taman kanak-kanak, SD, maupun SMP telah melakukan protokol pencegahan penularan Covid-19 secara maksimal," kata Sutedjo.

BACA JUGA : PTM Untuk TK Dianggap Masih Sulit 

Orang nomor satu di Kulonprogo tersebut juga optimis jika pelaksanaan pembelajaran tatap muka di level taman kanak-kanak, SD, maupun SMP bisa terlaksana sesuai dengan rencana Disdikpora Kabupaten Kulonprogo yakni pada Juli mendatang.

"Saya ikut ngecek saat pelaksanaan tatap muka yang diselenggarakan pada hari ini (Rabu/2/2021). Berdasarkan pantauan yang kami lakukan, sekolah secara prinsip sudah mampu melakukan pembelajaran tatap muka pada Juli 2021 mendatang," kata Sutedjo.