Warga Kalibawang Ditemukan Tewas Tergantung

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
10 Juni 2021 11:07 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KALIBAWANG--Seorang warga dusun Degan 2, kalurahan Banjararum, kapanewon Kalibawang, Kulonprogo, ditemukan tewas gantung diri di dapur rumahnya pada Rabu (9/6/2021) sekitar pukul 03.30 WIB dinihari.

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan korban tewas gantung diri di dusun Degan 2, kalurahan Banjararum, kapanewon Kalibawang, Kulonprogo, diketahui bernama Sujarwo Agus Saputro, 46.

"Korban ditemukan tewas gantung diri dengan menggunakan tali tambang. Korban gantung diri di dapur rumahnya. Kami masih melakukan penyelidikan terkait dengan faktor penyebab korban gantung diri," kata Jeffry pada Rabu (9/6/2021).

BACA JUGA : Ditinggal Suami Arisan Kampung, Nenek di Gunungkidul 

Awalnya, keluarga korban berinisial AP, 24, warga dusun Degan 2, kalurahan Banjararum, kapanewon Kalibawang, Kulonprogo, ingin menuju ke kamar mandi pada Rabu (9/6/2021) dinihari.

"Pelapor hendak ke kamar mandi, kemudian mendapati korban sudah dalam keadaan gantung diri di kayu blandar di dapur dengan menggunakan tali tambang," kata Jeffry.

Mendapati korban sudah gantung diri, AP memberitahukan kejadian pada saksi lainnya. Selang beberapa menit kemudian, kejadian tersebut dilaporkan ke Polsek Kalibawang guna pengusutan lebih lanjut.

"Korban diduga meninggal karena gantung diri. Dari keterangan medis, tidak ditemukan tanda tanda penganiayaan terhadap korban.  Selanjutnya, korban diserahkan kepada keluarga untuk segera di makamkan sesuai agamanya," kata Jeffry.

Kejadian gantung diri dengan niatan untuk mengakhiri hidup sebelumnya juga terjadi di wilayah kabupaten Kulonprogo. Sebelumnya, seorang pria ditemukan meninggal dunia dengan kondisi tergantung pada kayu blandar setinggi lebih kurang 2,7 meter dengan seutas tali kendur yang melilit di lehernya.

BACA JUGA : Mahasiswi di Sleman Ditemukan Tewas Gantung Diri

Kejadian tersebut terjadi di sebuah rumah yang berada di wilayah Padukuhan Ngentak, Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang, Kulonprogo.

Kasubag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan identitas pria yang ditemukan sudah tak bernyawa dengan menggantungkan dirinya di sebuah kayu blandar tersebut bernama Pardiyono, 35, warga Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang, Kulonprogo.

"Kejadian diduga gantung diri terjadi pada Kamis (25/2/2021) sekitar pukul 05.00 WIB pagi. Saat ditemukan, korban mengenakan kaos warna putih dan celana pendek warna krem. Korban ditemukan dalam keadaan tergantung pada kayu blandar rumah belakang setinggi lebih kurang 2,7 meter," ujar Iptu I Nengah Jeffry beberapa waktu lalu.

Awal mula penemuan korban bermula saat seorang saksi bernama Jemiyem, 65, warga Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang, Kulonprogo, terbangun sekitar pukul 05.00 WIB pagi. Kemudian, Jemiyem hendak menuju ke rumah belakang.

BACA JUGA : Tak Lagi Diterima Jadi Personel Satpol PP DIY

"Sesampainya Jemiyem di rumah belakang, ia melihat korban sudah dalam keadaan tergantung di kayu blandar rumah setinggi lebih kurang 2,7 meter dengan seutas tali kenur (plastik). Di sebelah korban terdapat tangga bambu dalam keadaan tersandar persis di sebelah korban," kata Jeffry.

Jemiyem langsung mengabarkan kejadian tragis tersebut kepada tetangganya yang bernama Lasiyem, 43, warga Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang, Kulonprogo. Selanjutnya, keduanya memberitahukan kejadian tersebut kepada pelapor.

"Oleh pelapor akhirnya kejadian tersebut dilaporkan ke jajaran Polsek Kalibawang untuk segera dilakukan penyelidikan. Berdasarkan catatan dari kepolisian, tidak ada tanda-tanda kekerasan yang menimpa korban," ucapnya.