Elite PAN Kunjungi Kepatihan, Begini Cerita Zulhas Tak Berani Potong Diskusi dengan Sultan HB X

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (kiri) saat melantik pengurus DPW dan DPD PAN DIY, Senin (14/6/2021). - ist.
15 Juni 2021 06:27 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah elite Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) mengunjungi Kompleks Kepatihan dan bersilaturahmi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Senin (14/6/2021). Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan menyatakan pertemuan Pengurus DPP PAN terjadi sekitar 1,5 jam dari awalnya diprediksi hanya 30 menit.

Dalam kunjungan itu Zulhas didampingi Ketua MPP PAN Hatta Rajasa dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir dan Ketua POK DPP PAN Mumtaz Rais. Kunjungan PAN tersebut sebagai rangkaian kunjungan menemui beberapa tokoh di Jogja di sela-sela pelantian pengurus DPW PAN DIY.   

BACA JUGA : Bentuk Pengurus Baru, PAN Gunungkidul Incar 9 Kursi DPRD

Zulhas mengatakan pada awalnya ia memperkirakan pertemuan dengan HB X hanya sekitar 30 menit. Tetapi dalam pertemuan itu sangat cair dan diskusi antara elite PAN dengan HB X terus terjadi secara berkesinambungan. Ia pun tak berani memotong diskusi tersebut.

“Direncanakan 30 menit tahu-tahu saya lihat sudah sejam, lagi asyik Pak Gubernur senang sekali tampaknya sudah lama tidak bertemu Pak Hatta, sudah lama enggak bertemu mas Tris [Sutrisno Bachir]. Saya tidak punya alasan untuk memotong [pembicaraan] untuk segera berakhir,” ungkap Zulhas saat pidato di hadapan kader PAN di sela-sela pelantikan Pengurus DPW PAN DIY, Senin (14/6/2021).

Ia menambahkan, pada akhirnya saat diskusi sampai sekitar 1,5 jam ia pun terpaksa harus memotong. Dengan suasana diskusi yang sangat cair tersebut, kata Zulhas, ia berharap Gubernur DIY bisa menyukai PAN.

“Lalu saya lihat sudah sejam lebih 15 menit belum ada celah juga masih asyik, diskusinya makin menarik. Sampai sejam setengah itu masih asyik juga. Tetapi terpaksa saya potong, karena harus menghadiri acara di sini [pelantikan DPW PAN DIY]. Berakhirlah pertemuan sampai 1,5 jam. Mudah-mudahan Gubernur DIY suka dengan PAN,” ucapnya.

BACA JUGA : Usung Heroe di Pilkada 2024, PAN Kota Jogja Siapkan

Zulhas mengapresiasi Ketua DPW PAN DIY Suharwanta yang telah menghubungkan pertemuan antara DPP PAN dengan Gubernur DIY. Suharwanta sendiri merupakan Wakil Ketua DPRD DIY yang sering bertemu dengan Gubernur DIY dalam setiap agenda antara eksekutif dan legislatif khususnya rapat paripurna.

“Tampaknya Ketua DPW PAN sudah lama akrab. Pantas kami minta waktu sebentar saja sudah oke, hari ini beritahu mau silaturahmi dengan Gubernur DIY, malamnya sudah dapat jawaban oke. Jadi rupanya Ketua DPW [PAN DIY] kita ini dekat juga dengan Gubernur DIY,” katanya.

Di hadapan Pengurus DPP PAN, Suharwanta menyatakan PAN DIY solid, terbukti dengan konsolidasi yang berlangsung hanya sebulan mampu mengiris kepengurusan 78 DPC dan 438 Ranting. Ia juga mengajak para elite untuk mengembalikan PAN seperti pada masa kejayaannya pada Pemilu 2004 silam.

“Target kami di 2024 ini meraih dua kursi DPR RI, menambah kursi DPRD kabupaten dan kota, mengulang Kembali kejayaan PAN seperti pada Pemilu 2004 silam,” ucapnya.