Advertisement

Kota Jogja Buka Layanan Adminduk Drive Thru di 4 Kemantren

Sirojul Khafid
Selasa, 15 Juni 2021 - 10:17 WIB
Sunartono
Kota Jogja Buka Layanan Adminduk Drive Thru di 4 Kemantren Mall Pelayanan Publik di Kota Jogja. - Harian Jogja/Sirojul Khafid.

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO -- Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) akan buka pelayanan drive thru di empat kemantren mulai Juli 2021 mendatang. Menurut Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan Disdukcapil Jogja, Bram Prasetyo, layanan kependudukan yang bisa diakses dalam drive thru tersebut terkait permohonan Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta rekam data KTP.

Empat kemantren sebagai perwakilan wilayah yaitu Kemantren Kotagede, Mergangsan, Jetis, dan Wirobrajan. Pelayanan akan berjalan selama satu bulan secara bergantian dan dua kali dalam seminggu.

Advertisement

"Nanti selama Juli itu setiap Rabu dan Kamis ada pelayanan di sana. Meski tempat di kemantren tapi layanannya tetep [untuk masyarakat] se-Kota Jogja. Mulai Juli kami coba di Kotagede, kemudian bulan Agustus ada di Mergangsan, bulan September di Jetis, dan Oktober di Wirobrajan," kata Bram, Senin (14/6/2021).

Adapun tempat pelayanan akan berada di kantor kemantren. Hal ini lantaran kantor kemantren sudah tertata secara jaringan internet, tempat untuk antre, dan lainnya. Layanan berlangsung dari pukul 09.00 sampai 12.30 WIB.

Selain melayani pencetakan KTP dan KIA, layanan drive thru tersebut juga bisa untuk rekam data KTP. "Proses rekam hari ini, hari ini juga ada penunggalan data dan cetak hari ini juga. Namun diambil hari berikutnya," kata Bram.

Mall Pelayanan Publik

Selain melalui layanan drive thru, Disdukcapil Kota Jogja juga buka layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) mulai hari ini, Senin (14/6). Bagi masyarakat yang akses layanan KTP dan KIA melalui Jogja Smart Service (JSS), maka bisa mencetaknya di MPP.

"Di MPP baru ada pelayanan cetak KTP, KIA, dan rekam. Bagi masyarakat yang belum memiliki akun JSS harapannya buat akun itu.

Kemudian bagi mereka yang tidak terakses ponselnya atau tidak punya ponsel, bisa datang ke kemantren dan kelurahan  untuk dibantu proses pelayanan," kata Bram.

Selain layanan terkait kependudukan, MPP juga menyediakan pelayanan dari dinas lain seperti penanaman modal, izin, usaha, dan lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement