Advertisement

Pawai Alegoris Harmoni Jogja Kuatkan Pariwisata Jogja

Media Digital
Selasa, 15 Juni 2021 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Pawai Alegoris Harmoni Jogja Kuatkan Pariwisata Jogja Pembukaan Pawai Alegoris Harmoni Jogja, di Ndalem Pujokusuman, tanggal 15 Juni 2021. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Pawai Alegoris Harmoni Jogja dibuka pada Selasa (15/6/2021).

Ini merupakan kegiatan hybrid yang diselenggarakan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, untuk menguatkan pariwisata di Kota Yogyakarta, khususnya di bagian selatan, demikian dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko SE MM, saat laporan penyelenggaraan kepada Walikota Yogyakarta, pada pembukaan Pawai Alegoris Harmoni Jogja, di Ndalem Pujokusuman, tanggal 15 Juni 2021.

Advertisement

Kegiatan ini mengambil tema heritage in harmony, berisi penampilan dari kampung- kampung wisata juga melibatkan sanggar-sanggar di kota Yogyakarta. Selain menampilkan atraksi seni tersebut, kegiatan ini juga memperkenalkan potensi wisata seperti pojok beteng wetan, embung taman budaya giwangan dan situs Warungboto.

Hal ini sejalan dengan satu tujuan pembangunan kepariwisataan Kota Yogyakarta yaitu pengembangan daya tarik wisata yang dapat memberikan kontribusi positif, menguatkan semangat masyarakat dalam mengembangkan aktivitas kepariwisataan yang sesuai dengan nilai luhur budaya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Harapannya kegiatan ini dapat diselenggarakan setiap tahun, agar mampu memunculkan persepsi positif di masyarakat terhadap potensi wisata Kota Yogyakarta Bagian selatan secara komprehensif  khususnya di bidang seni, budaya dan kuliner, juga dapat menjadi agenda wisata tahunan yang dinantikan wisatawan," lanjut Kepala Dinas.

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 15-16 Juni 2021 secara tatap muka terbatas untuk pembukaan dan penutupan, serta penyelenggaran pengambilan gambar atraksi seni dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid 19 secara disiplin, dengan mengatur waktu masing-masing penampil, dan kegiatan ini akan ditayangkan secara virtual.

Selain acara Pawai Alegoris Harmoni Jogja, pada sore hari, juga dilaksanakan Launching Inovasi Sport Tourism MONALISA (Menikmati Harmoni Jogja Dengan Lima Jalur Sepeda Wisata), Sehingga diharapkan dapat menjadi wahana promosi potensi wisata yang ada dan dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta, demikian akhir dari laporan penyelenggaraan Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, dengan sekaligus memohon agar Walikota Yogyakarta berkenan untuk membuka acara tersebut.

Walikota Yogyakarta, Drs. H. Haryadi Suyuti, dalam sambutannya mengatakan, Pembangunan Pariwisata di Kota Yogyakarta merupakan salah satu isu strategis pembangunan perekonomian di wilayah ini. Kegiatan pariwisata merupakan salah satu penggerak roda perekonomian yang mempunyai dampak multi efek di semua sektor. Tingkat hunian hotel, keramaian kuliner, transportasi, hingga pedagang kaki lima yang menjajakan sajian khas masing-masing pasti akan turut terdampak oleh kuat lemahnya arus pariwisata di Kota Yogyakarta ini. Namun disisi lain situasi pandemi covid19 yang melanda hampir di seluruh belahan dunia ini membuat dunia pariwisata sangat terpukul.

Pergerakan wisatawan menjadi terbatas, kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan banyak orang untuk menarik wisatawan diminimalkan sehingga jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta mengalami penurunan.

Pawai Alegoris Harmoni Jogja, dilaksanakan dengan harapan dapat menumbuhkan semangat dan motivasi kita dalam menghadapi pandemi ini dan tentu saja sebagai media untuk menggali, melestarikan, dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang didalam kehidupan masyarakat khususnya di Kota Yogyakarta di bagian selatan.

Selain itu acara ini juga sebagai pengenalan dan wujud eksistensi kampung-kampung wisata, kemudian juga sanggar-sangar tari serta para seniman-seniman yang ada di Kota Yogyakarta yang memiliki keanekaragaman dan keunikan yang luar biasa. Selanjutnya acara ini juga berperan untuk mengenalkan potensi-potensi wisata yang masih belum tereksploitasi secara maksimal.

Dalam mengembangkan potensi pariwisata kota Yogyakarta ini, diperlukan rencana yang tepat mengenai upaya pengembangan, penataan juga pemeliharaan terhadap potensi wisata yang ada. Selain itu, juga diperlukan peningkatan promosi wisata yang optimal, kerjasama dan koordinasi yang strategis baik diantara masyarakat, pemerintah dan swasta sehingga mampu meningkatkan jumlah kunjungan maupun lama tinggal wisatawan.

Pawai Alegoris Harmoni Jogja diharapkan juga mampu menjawab tantangan dengan menciptakan atraksi pawai yang kreatif, atraktif dan dapat mensinergikan berbagai lapisan masyarakat di Kota Yogyakarta, sehingga ke depan promosi dan pengembangan pariwisata di Kota Yogyakarta ini akan semakin optimal, kampung-kampung wisata beserta sanggar-sanggar serta seniman-senimannya dapat semakin dikenal. Selain itu setelah pandemi ini berakhir tentunya wisatawan akan semakin banyak yang berkunjung dan dampaknya akan semakin meningkatkan perekonomian warga masyarakat. Dan tetap dilaksanakan dengan menggunakan protokoler pencegahan Covid-19.

Menjawab tantangan kedepan dalam promosi pariwisata dalam kesempatan kali ini juga dilaksanakan launching Inovasi Sport Tourism Monalisa atau “Menikmati Harmoni Jogya Dengan Lima Jalur Sepeda Wisata”. Program ini diluncurkan setelah melihat antusiasme warga dan wisatawan bersepeda di jalanan Kota Yogyakarta.

Ibarat simbiosis, maka yang diharapkan dengan Monalisa ini adalah akan terciptanya simbiosis mutualisme antar pihak-pihak yang terlibat dalam dunia pariwisata di Kota Yogyakarta yang saling menguntungkan. Program ini tidak akan berhasil apabila hanya ada peran pemerintah saja namun juga ada Kampung wisata, PHRI, ASITA, HPI dan stakeholder pariwisata lain untuk promosinya sampai dengan bagaimana penyediaan sepeda untuk wisatawan. Apabila ini nantinya bisa berjalan tentunya pariwisata di Kota Yogyakarta akan terus berkembang, demikian harapan Walikota Yogyakarta, dalam akhir sambutannya.

Acara pembukaan selain laporan penyelenggaraan dan sambutan Walikota Yogyakarta, juga diisi beberapa penambil dari Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa, dilanjutkan dengan pelepasan perwakilan peserta pawai dan terakhir rombongan sepeda MONALISA. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Keterangan pers

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement