Advertisement

Program TMMD Diharapkan Penuhi Aspek Kesejahteraan dan Keamanan

Yosef Leon
Kamis, 24 Juni 2021 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Program TMMD Diharapkan Penuhi Aspek Kesejahteraan dan Keamanan Personel TNI membangun talut dalam pelaksanaan program TMMD Ke-111 Kodim 0734/Kota Jogja di kawasan Wirobrajan, Rabu (23/6/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) diharapkan sesuai dengan perencanaan yang dibuat serta mampu berjalan dengan optimal. TMMD yang bergulir rutin hendaknya mengacu pada dua hal penting yakni aspek kesesuaian serta berbasis pada kebutuhan dari masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Asisten Teritorial Kasad Brigjen TNI Sugiyono dalam peninjauannya terhadap pelaksanaan TMMD ke-111 Kodim 0734/Kota Jogja di Wirobrajan, Rabu (23/6/2021). Dia menyebut bahwa pemantauan ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pelaksanaan TMMD berjalan dengan optimal.

Advertisement

"Perencanaan ini hendaknya juga bersifat bottom up. Mulai dari desa, kecamatan, dan pemerintah di atasnya lagi. Dan kami lihat bahwa TMMD ke-111 Kodim 0734/Kota Jogja ini sudah cukup sesuai," ujarnya.

Sugiyono berpendapat bahwa, pihaknya melihat sejumlah hal dalam pelaksanaan TMMD. Diantaranya azas kebermanfaatan yang terdiri dari kesejahteraan masyarakat serta aspek pertahanan dan keamanan. "Jadi dua hal itu yang kami lihat. Apakah kesejahteraannya sudah masuk, kemudian keamanan dan pertahanannya juga harus memadai," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Jogja Percepat Vaksinasi Sektor Usaha

Pada TMMD Ke-111 Kodim 0734/Kota Jogja kali ini, Satgas melanjutkan pengerjaan kegiatan fisik meliputi pembuatan talut pemukiman dua trap panjang 24 meter (m), pemeliharaan saluran air hujan (SAH) sepanjang 270 m, pembangunan balai RW 1 unit luas 30 m², pembangunan MCK 1 unit 6 m², dan renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) 10 unit.

Sementara, Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan menyebut, pelaksanaan TMMD di wilayah Jogja dan sebagian Jawa Tengah agak sedikit berbeda dibandingkan dengan wilayah lain. Sebab, selain TMMD reguler, ada pula pelaksanaan TMMD Sengkuyung.

"10 Kodim itu melaksanakan semuanya," ujarnya.

Pihaknya juga memastikan bahwa semua personel TNI di wilayah setempat telah divaksin agar pelaksanaan program TMM dapat berjalan dengan optimal. "Tidak hanya di TNI saja, melainkan seluruh warga, kami akan ikut mengawal agar proses vaksinasi cepat selesai," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

RUU Daerah Khusus Jakarta Sah Dibawa ke Sidang Paripurna

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement