Advertisement

Pemkot Jogja Percepat Vaksinasi Sektor Usaha

Yosef Leon
Rabu, 23 Juni 2021 - 19:27 WIB
Budi Cahyana
Pemkot Jogja Percepat Vaksinasi Sektor Usaha Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi saat meninjau vaksinasi di Silol Kopi, Rabu (23/6/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menggenjot percepatan vaksinasi kepada pelaku ekonomi yang kerap berinteraksi dengan masyarakat banyak. Upaya ini diharapkan dapat menekan laju penyebaran Covid-19 yang belakangan kian meluas.

"Sejak awal kami memang memprioritaskan vaksin kepada masyarakat yang selama ini berhadapan dengan orang lain dan tingkat interaksinya cukup tinggi dengan masyarakat luas," kata Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi saat meninjau vaksinasi di Silol Kopi, Rabu (23/6/2021).

Advertisement

Heroe menyebut beberapa waktu lalu Pemkot Jogja juga telah melaksanakan vaksinasi kepada pelaku usaha di kawasan Malioboro, Beringharjo serta petugas pelayanan publik lainnya. 

"Mereka ini kan sering kali berhadapan dengan masyarakat banyak. Sehingga harapan kami vaksin ini bisa menjadi benteng supaya penularan Covid-19 terkendali," ujarnya.

Dia menekankan Pemkot Jogja akan berupaya pula dalam memperkuat pengawasan protokol kesehatan di tempat-tempat usaha. Pelaksanaan protokol kesehatan meliputi 5M mesti dioptimalkan meski pelaku usaha telah menjalani vaksin.

Dia juga mendorong agar setiap unit usaha memiliki Satgas Penanganan Covid-19. Hal ini penting agar pelaksanaan protokol kesehatan dapat diawasi dengan cermat saat operasional usaha berlangsung. "Mengenai kapasitas juga kami ingatkan agar tetap mengacu pada aturan yakni 25 persen," imbuhnya.

Sampai saat ini, lebih dari 140.000 warga yang telah divaksinasi oleh Pemkot Jogja. Heroe menargetkan seluruh masyarakat Jogja telah disuntik vaksin pada pertengahan Agustus mendatang.

Pada kesempatan yang sama, sebanyak 129 karyawan Silol Kopi memperoleh vaksin. Vaksinasi bagi karyawan itu merupakan kali pertama yang dilakukan di Jogja. Silol Kopi menggandeng Dinas Kesehatan Kota Jogja, Puskesmas, dan petugas Gugus Covid-19 Kelurahan Kotabaru.

"Ada 129 karyawan telah menjalani vaksinasi hari ini. Kami berharap vaksinasi bagi para pekerja sektor wisata kuliner ini menjadi garda terdepan menekan penyebaran virus Covid-19," kata Ketua Satgas Covid-19 Silol Kopi, Dedi Yuswandi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement