Advertisement

Lunas PBB Lebih Cepat, Gedangsari Dapat Penghargaan dari Bupati Gunungkidul

David Kurniawan
Kamis, 24 Juni 2021 - 08:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Lunas PBB Lebih Cepat, Gedangsari Dapat Penghargaan dari Bupati Gunungkidul Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus berupaya meningkatkan pendapatan dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sektor Perkotaan dan Pedesaan. Guna memaksimalkan potensi ini diberikan stimulan berupa penghargaan bagi lurah maupun panewu yang melunasi pajak lebih cepat.

Salah satunya penghargaan diberikan kepada Kapanewon Gedangsari. Hal ini dikarenakan kapanewon ini telah melunasi kewajiban membayar PBB lebih cepat dari waktu yang diberikan.

Advertisement

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, sejak awal akan memaksimalkan potensi pajak yang dimiliki. Hal ini dibutuhkan untuk mendukung program pembangunan di Bumi Handayani.

“Tentunya ada imbal balik dari kepatuhan ini. Lurah dan panewu yang wilayahnya lunas lebih cepat akan diberi penghargaan,” katanya kepada wartawan, Rabu (23/6/2021).

Menurut dia, penerimaan PBB di Gunungkidul sudah mulai terlihat karena sudah ada kapanewon yang melunasi, salah satunya Gedangsari. “Sudah lunas dan berdasarkan data selama empat tahun kapanewon ini lunas lebih cepat dari tanggal jatuh tempo. Untuk itu, saya berikan penghargaan berupa piagam dan uang tunai kepada panewu maupun lurah,” ungkapanya.

Baca juga: Tak Bawa Surat Tes Antigen, Wisatawan Luar DIY Akan Diminta Pergi

Sunaryanta berharap prestasi yang diraih Gedangsari bisa diikuti kapanewon lainnya di Gunungkidul. “Kami terus dorong agar kepatuhan pajak terus ditingkatkan karena pendapatan yang diperoleh akan memberikan dampak terhadap program pembangunan di kabupaten,” katanya.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Saptoyo mengatakan, terus berupaya memaksimalkan PAD yang bersumber dari PBB. Selain memperluas jaringan pembayaran, juga ada upaya insentif bagi wilayah yang melakukan pelunasan lebih cepat. “Penghargaan dulu hanya diberikan untuk lurah, tapi mulai tahun ini kapanewon juga memperolehnya. Penghargaan ini bertujuan memaksimalkan penerimaan PAD dari PBB,” katanya.

Panewu Gedangsari, Martono Iman Santosa mengaku senang atas penghargaan yang diberikan bupati atas keberhasilan pelunasan PBB lebih cepat. Menurut dia, capaian tersebut tidak lepas dari kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak. “Kami terus sosialiasikan tentang pentingnya membayar pajak untuk mendukung pembangunan. Hasilnya terlihat, dalam empat tahun berturut-turut Gedangsari selalu lunas lebih cepat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement