Bantul Masih Tutup Objek Wisata di Akhir Pekan, Ratusan Kendaraan Diputar Balik

Kendaraan bermotor yang akan melewati Tempat Pemungutan Retibusi (TPR) Parangtritis, Sabtu (26/6/2021) siang diminta putar balik oleh Tim Penegakkan Hukum (Gakkum) Satgas Covid-19 Bantul. - Harian Jogja/Jumali
26 Juni 2021 15:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Ratusan kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat yang akan melewati Tempat Pemungutan Retibusi (TPR) Parangtritis, Sabtu (26/6/2021) siang diminta putar balik oleh Tim Penegakkan Hukum (Gakkum) Satgas Covid-19 Bantul.

Pemutarbalikan kendaraan ini menyusul masih diberlakukannya penutupan objek wisata di Bantul pada akhir pekan sesuai instruksi bupati Bantul No.15/Instr/2021 tentang perpanjangan PPKM di Bumi Projotamansari.

BACA JUGA: Cek! Ini Lokasi Lengkap Vaksinasi Covid-19 Tanpa Syarat KTP Domisili di Seluruh Indonesia

Kepala Satpol PP Bantul Yulius Suharta mengatakan masih ada wisatawan utamanya dari luar DIY yang nekat datang untuk berwisata ke pantai selatan Bantul.

"Sama seperti sebelumnya, kami bagi dalam dua sif. Sif pagi dari jam tujuh pagi sampai jam satu siang, ada 200-an mobil dan 450 sepeda motor kami putar balik," kata Yulius, Sabtu (26/6/2021).

Menurut Yulius, para wisatawan yang diminta putar balik tersebut kemudian diarahkan untuk mengunjungi tempat wisata lainnya. Warga sekitar masih diperbolehkan masuk ke kawasan Pantai Parangtritis.

"Syaratnya harus memperlihatkan identitas. Jika memang warga sekitar Pantai Parangtritis, ya kami perbolehkan melintas," jelasnya.

Kebijakan ini telah dilakukan pada akhir pekan lalu. Yulius menyatakan, selain 20 orang per sif menjaga TPR Parangtritis, ada 10 orang per sif berjaga di TPR Samas. Di TPR Pandansimo ada lima orang per sif.