Ratusan Pabrik Diminta Perketat Pencegahan Penularan Covid-19

Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Rahmad
16 Juli 2021 07:37 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Pemkab Bantul memanggil ratusan pabrik atau perusahaan besar yang beroperasi di wilayah Bantul. Pemanggilan tersebut dilakukan dalam upaya mendorong pengetatan penanganan Covid-19 di pabrik.

Sekda Bantul, Helmi Jamharis menerangkan pekan ini bakal memanggil sejumlah pabrik di wilayah Bantul. Dengan karyawan yang banyak membuat mobilitas yang tinggi. "Besok kita mau melaksanakan sosialisasi dan koordinasi dengan Forkompimda dengan para pelaku usaha khususnya pabrik yang ada di Kabupaten Bantul," ujarnya pada Kamis (15/7/2021).

BACA JUGA : Tak Ada Pabrik di DIY, Sultan Ingatkan Oksigen untuk Pasien

"Karena mereka [pabrik] memiliki karyawan yang cukup banyak sehingga mobilitasnya tinggi. Kita akan menekankan berbagai kebijakan yang harus dilaksanakan oleh pabrik," ujarnya.

Beberapa kebijakan yang bakal ditekankan misalnya pabrik harus menyediakan selter bagi karyawannya yang terpapar Covid-19. "Kemudian yang kedua pembentukan satgas harus dipastikan keaktifannya dan lain-lain sekarang masih kita rumuskan secara detailnya," katanya.

"Besok yang kita undang 300-an, zoom. Itu yang gede-gede, yang di atas 500 lah karyawannya," ucapnya.

Sekretaris Disnakertrans Bantul, Istirul Widilastuti juga menerima undangan menyangkut pertemuan tersebut. Namun Istirul menyampaikan hingga saat ini belum ada laporan tentang persoalan ketenagakerjaan selama PPKM Darurat.

BACA JUGA : Selama Pandemi Corona, Ribuan Karyawan di Bantul

"Sementara enggak ada, karena kalau kita kaitannya dengan dampaknya dengan ketenagakerjaan. Selama ini, selama PPKM Darurat ini belum ada yang bermasalah terkait dengan tenaga kerjanya," katanya.