Advertisement

Masjid Jogokariyan Gelar Salat Iduladha dengan Prokes Ketat

Devi Aristya Putri/M135
Senin, 19 Juli 2021 - 08:57 WIB
Sunartono
Masjid Jogokariyan Gelar Salat Iduladha dengan Prokes Ketat Masjid Jogokariyan memperketat kegiatan Hari Raya Iduladha. - Harian Jogja/ Devi Aristya Putri.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Salat Iduladha 1442 H tetap dilaksanakan oleh Masjid Jogokariyan di tengah pemberlakuan PPKM Darurat. Proses sholat dilaksanakan sesuai dengan prokes yang ketat termasuk pemotongan hewan kurban. Masjid Jogojariyan telah mempersiapkan dengan rapi mengenai kegiatan Hari Raya Iduladha, mulai sholat Iduladha sampai proses penyembelihan hewan kurban.

Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan Ustaz Muhammad Jazir ASP selaku mengatakan bahwa masjid tetap melaksanakan sholat Iduladha dalam kondisi apapun. Kegiatan Hari Raya Iduladha dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Panitia yang akan membantu dalam pelaksanaan Iduladha terlebih dahulu akan dites menggunakan genose. Tes genose dilakukan agar mengetahui apakah ada panitia yang terinveksi Covid-19 atau tidak. Pelaksanaan genose akan dilakukan H-1 sebelum Hari Raya Iduladha.

Advertisement

BACA JUGA : 3 Hari, Iuran di Masjid Jogokariyan untuk Beli Kapal Selam 

Persiapan lain yang dilakukan oleh Masjid Jogokariyan adalah memperluas tempat penyembelihan menjadi tiga kalilipat lebih luas dari kondisi normal.

“Untuk kurban prokes lay out tempat kita perluas menjadi tiga kalilipat dari luasan biasa dari umunya. Karena kan tidak boleh padat toh. Kemudian semua panitia kita cek dulu. Hanya boleh yang negative. Panitia juga sudah dipastikan semua negatif. Tanggal 19 kita lakukan tes genose semua. Karena kita punya fasilitasnya sendiri kan,” kata Jazir kepada Harianjogja.com, Minggu (18/07/2021).

Selain memperluas tempat pelaksanaan pemotongan hewan kurban yang diperluas, Masjid Jogokariyan mengantisipasi keadaan dengan cara pengurangan pekerjaan panitia. Pekerjaan yang dikurangi adalah pengolahan jeroan daging kurban. Jazir menjelaskan bahwa jeroan akan diolah oleh masjid-masjid yang sudah terdaftar dalam permintaan.

BACA JUGA : Pembagian Makanan Buka Puasa di Masjid Jogokariyan

"Kemudian jumlah pekerjaan kita kurangi. Caranya jeroan kalau tahun yang lalu kita tangani ya. Kita bersihkan, itu memerlukan banyak tenaga. Maka jeroan tidak lagi kita kelola, jadi begitu dikeluarkan jeroannya langsung kita serahkan ke masjid-masjid yang sudah mengajukan permintaan dan sanggup," kata Jazir.

Tahun ini masjid Jogokariyan memperkirakan akan memotong hewan kurban untuk sapi sebanyak 45 ekor dan kambing sebanyak 57. Jumlah tersebut masih bisa bertambah sebelum Hari Raya Iduladha dilaksanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement