Dukung Perpanjangan PPKM Darurat, Bantul Perketat Mobilitas Warga

Kondisi lalu lintas kendaraan di Bantul pada Minggu (11/7/2021) dalam masa PPKM Darurat yang cenderung lengang. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
19 Juli 2021 04:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul mendukung langkah pemerintah pusat yang akan memperpanjang pelaksanaan PPKM Darurat.

Sejumlah skenario disiapkan agar perpanjangan dan pelaksanaan PPKM darurat berjalan maksimal serta mampu menekan penurunan kasus Covid-19 di Bantul.

BACA JUGA : PPKM Darurat Diperpanjang, Ini Respons Sultan

“Terkait perpanjangan PPKM darurat, kami siap melaksanakan apa yang menjadi keputusan pusat dan Pemda DIY,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Bantul, Joko Purnomo, Minggu (18/7/2021).

Lebih lanjut Joko mengungkapkan, sejauh ini berdasarkan hasil evaluasi sementara untuk pelaksanaan PPKM darurat di Bantul, terjadi penurunan mobilitas warga. Oleh karena itu, jika PPKM darurat diperpanjang, pihaknya menilai siap untuk melaksanakannya.

“Nantinya kami juga akan melakukan pengetatan sampai tingkat bawah. Tujuannya, untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Salah satu yang harus tetap kami laksanakan adalah jaga warga,” imbuh Joko.

Menurut Joko, langkah lain yang tidak kalah penting adalah pelibatan peran organisasi perangkat daerah (OPD) mendampingi kapanewon dan kalurahan. Hal ini sesuai dengan Keputusan Bupati Bantul No.289/2021 tentang perangkat daerah dan badan usaha milik daerah sebagai pendamping kapanewon dalam pengendalian penyebaran Covid-19.

BACA JUGA : PPKM Darurat 2 Pekan Belum Tekan Kasus Covid-19, Pemkot Dukung Perpanjangan

“Mereka [OPD dan kapanewon serta kalurahan] akan saling bekerja sama  melakukan edukasi ke Masyarakat setiap hari,” jelas Joko yang juga Wakil Bupati Bantul ini.