Advertisement

PPKM Diperpanjang, Bantul Kini Masuk PPKM Level 4

Catur Dwi Janati
Rabu, 21 Juli 2021 - 16:47 WIB
Budi Cahyana
PPKM Diperpanjang, Bantul Kini Masuk PPKM Level 4 Pasar Ikan Depok, Kretek yang sepi selama PPKM Darurat pada Minggu (11/7/2021). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Perpanjangan PPKM di Bantul memasuki babak baru. Setelah PPKM Darurat  Bantul kudu menjalani PPKM Level 4 dengan regulasi yang hampir sama persis dengan PPKM Darurat.

Sekretaris Daerah Bantul Helmi Jamharis mengatakan wilayah Bantul ditetapkan Pemerintah Pusat masuk dalam kategori kawasan PPKM Level 4. Penerapan PPKM Level 4 akan berlaku di Bantul sampai dengan 25 Juli 2021. "Kami upayakan penurunan lagi terhadap mobilitas masyarakat. Penyekatan-penyekatan tentu masih kami pertahankan," kata dia pada Rabu (21/7/2021).

Advertisement

BACA JUGA: PPKM Diperpanjang, Pemda DIY Siapkan Bantuan untuk Warga dari APBD

Secara garis besar isi peraturan dalam PPKM Level 4 hampir sama dengan PPKM Darurat. Akan tetapi pemerintah daerah itu diminta untuk lebih giat lagi di dalam menurunkan mobilitas dan kegiatan pencegahan Covid-19.

"Jangan sampai terjadi kenaikan jumlah yang terpapar Covid-19," ucap dia.

Dalam PPKM Level 4 ini, Helmi menegaskan objek wisata masih ditutup. Sementara itu kegiatan hajatan maupun aktivitas keagamaan di tempat ibadah juga belum diperbolehkan. Penggolongan kegiatan WFH dan WFO yang didasarkan pada jenis aktivitas esensial, non-esensial dan critical juga masih berlaku dalam PPKM Level 4.

"PPKM Level 4 diterapkan sejak hari ini. Sedang kami siapkan instruksi bupatinya, proses penyusunan di bagian hukum. Mudah-mudahan hari ini selesai. Kalau itu kan enggak terlalu banyak berubah, tinggal bagian hukum melakukan kajian regulasi saja mana yang berubah. Yang berubah hanya istilah,” kata Hilmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement