3.500 Pedagang Pasar Tradisional di Bantul Tervaksinasi

Vaksinasi pedagang Pasar Bantul pada Rabu (9/6/2021). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
24 Juli 2021 09:07 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Vaksinasi bagi kalagan pedagang pasar tradisional terus digencarkan pada bulan Juli ini. Setidaknya separuh dari total pedagang pasar tradisional di Bantul telah tervaksinasi.

Kepala Dinas Perdagangan Bantul, Sukrisna Dwi Susanta pada Jumat (23/7/2021) menyampaikan bila separuh dari total sasaran vaksin pedagang pasar telah tervaksin. "Capaiannya sekitar 3.500-4.000 pedagang tervaksin dari total sasaran 7.000 sasaran," ujarnya.

Vaksinasi tahap pertama kepada pedagang pasar dijadwalkan selesai pada Juli ini. "Tapi ini masih terus berjalan sampai besok tanggal 28 Juli 2021. Besok senin tanggal 26 Juli vaksinasi pedagang Pasar Sungapan, 27 Juli di pasar Mangiran sama Pasar Gumulan. Terus terakhir pada tahap pertama ini Pasar Semampir pada 28 Juli," tutur dia.

Pasar Niten terpaksa menjalani penjadwalan vaksin ulang. Sebab saat mendekati jadwal vaksinasi terjadi paparan Covid-19 di sana. "Dijadwalkan ulang, tapi teman-teman belum membuat jadwalnya. Baru fokus kemarin selesai vaksinasi Pasar Imogiri, besok fokus Pasar Sungapan, Pasar Mangiran dan Pasar Gumulan sama Pasar Semampir," tambahnya.

Baca juga: Vaksinasi di Gunungkidul Dilakukan di Rumah Warga agar Selesai Agustus

"Yang pasar lain belum kita buat jadwalnya karena juga hubungannya dengan Dinas Kesehatan dan SDM Puskesmas, dan vaksin sendiri ada tidaknya," imbuhnya.

Ditegaskan Sujrusna dari 33 pasar tradisional, baru separuhnya yang tervaksinasi. Sehngga akhir Juli ini capaian 7.000 pedagang tervaksin belum bisa tercapai. "Baru separuh dari total pasar yang ada di Bantul. Akan dilanjutkan Agustus," pungkasnya.