Distribusi Material Sudah 90 Persen, Padat Karya di Bantul Segera Dimulai

Warga RT 3 Padukuhan Sambikerep, Bangunjiwo, Kasihan menunjukan kondisi jalan yang rusak, Rabu (26/5/2021). Nantinya jalan rusak tersebut akan diperbaiki melalui program padat karya Disnakertrans Bantul. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
31 Juli 2021 09:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Pendistribusian material proyek program padat karya BKK DIY sudah mencapai 90 persen. Bila pendistribusian lancar, pekan depan warga dapat memulai program padat karya.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Perluasan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Bantul, Yanatun Yunadiana menjelaskan masa kontrak pendistribusian material proyek padat karya BKK DIY berlaku 30 hari dari 30 Juli 2021.

"Otomatis sekitar pertengahan Agustus itu selesainya. Tetapi kemarin kita cek itu kondisinya sudah 90 persen terdistribusi materialnya," terangnya pada Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Permintaan Meningkat, PMI Jogja Tambah Mesin Plasma Konvalesen untuk Bantu Pasien Covid-19

"Rata-rata yang belum didistribusikan adalah semen. Karena semen itu biasanya disetor terakhir. Khawatirnya kalau semen didrop duluan nanti kena hujan atau terlalu di lokasi menjadi keras," ujarnya.

Lebih lanjut Yanatun menambahkan bila material seperti pasir di beberapa tempat sudah 100 persen terdistribusi. Material batu split juga telah terdistribusi 100 persen di berbagai tempat. "Memang ada beberapa titik yang pasirnya belum semua. Ada satu atau dua titik yang batu splitnya belum semua," tambahnya.

"Target kita di tanggal Senin besok atau Selasa sudah 100 persen materialnya terdistribusi sampai ke lokasi. Untuk yang program padat karya BKK DIY," ujarnya.

Yanatuun menyampaikan rencananya pada 4 Agustus 2021 Bupati Bantul akan meletakan batu pertama secara simbolis mulainya program padat karya BKK DIY. "Kita harapkan sebelum tanggal 4 Agustus material sudah terdistribusi 100 persen. Insyaallah tanggal Agustus sudah bisa kita mulai serentak untuk padat karya BKK DIY," pungkasnya.