Revitalisasi Pasar Turi BambangLipuro Dimulai

Pekerja mulai melakukan pengerjaan revitalisasi Pasar Turi, Sidomulyo, Bambanglipuro. - Ist
06 Agustus 2021 09:07 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Proyek revitalisasi Pasar Turi, Sidomulyo, Bambanglipuro mulai dikerjakan. Bangunan pasar yang sebelumnya kurang layak bakal direvitalisasi menjadi pasar yang representatif.

Kabid Pengembangan Pasar, Dinas Perdagangan Bantul, Arum Bidayati pada Kamis (5/8/2021) menegaskan proyek revitalisasi Pasar Turi sudah mulai dikerjakan. Pengerjaan proyek ditargetkan rampung dalam kurun 120 hari. "Pekerjaan dilaksanakan dalam 120 hari. Dimulai tanggal 22 Juli sampai dengan 28 November 2021," terangnya.

Kurang lebih sepekan berjalan, belum banyak progres yang signifikan dari revitalisasi Pasar Turi. "Untuk saat ini masih tahap pemasangan papan penutup proyek dan pekerjaan persiapan lainnya," jelas Arum.

Secara garis besar, revitalisasi besar-besaran bakal diimplementasikan di Pasar Turi. Dijelaskan Arum perubahan yang signifikan terkait fisik bangunan yakni tersedianya bangunan los yang bagus sesuai dengam prototipe dari Kemendag. "Sebelumnya banyak berdiri bangau-bangau yang dibangun oleh pedagang dengan kondisi kurang layak," ujarnya

"Di bangunan baru, nantinya ada los dengan meja dasaran keramik dan hamparan pedagang menggelar dagangan di lantai. Tersedia los basah untuk ikan dan ayam dengan sirkulasi air yang memadai," tambahnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan Bantul, Sukrisna Dwi Susanta menjelaskan bila keadaan los Pasar Turi terbilang agak serabutan. Sejumlah los pasar berdiri seperti gubuk-gubuk dan dinilai Sukrisna kan kurang indah dipandang. 

"Itu ya dibongkar total, dibangun los yang representatif. Pertimbangannya ya dulu los yang ada kurang representatif. Kurang standar pokoknya kalau untuk ukuran pasar," tegasnya.