Syarat Penganggaran Pembangunan Bukit Dermo Tunggu Persetujuan Pemerintah Pusat

Rancangan zonasi daya tarik Bukit Dermo. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
27 Agustus 2021 17:47 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pengajuan rencana anggaran pembangunan agrowisata Bukit Dermo telah diajukan Dinas Pariwisata Bantul. Beragam syarat pengajuan telah dipenuhi Dinpar Bantul, tinggal menunggu hasil verifikasi dari Pemerintah Pusat.

Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul Annihayah mengatakan pengajuan pembangunan agrowisata Bukit Dermo melalui skema DAK telah diajukan kepada Pemerintah Pusat.  Beberapa syarat yang diminta di antaranya meliputi dokumen surat kekancingan atau persetujuan dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

BACA JUGA: Pengunjung Angkringan Wajib Tunjukkan Pedulilindungi, Ini Respons Masyarakat

Selain itu Annihayah juga menerangkan beberapa dokumen seperti surat kesediaan Bupati Bantul memelihara aset bila dibangun agrowusata juga diunggah.

Informasi lolos tidaknya pengajuan anggaran Bukit Dermo melalui DAK pemerintah pusat baru bisa diketahui pada akhir tahun nanti. "Jadi nanti ada sinyal-sinyal [lolos] palng bulan-bulan akhir, Desember. Bahwa ini lolos," kata dia, Jumat (27/8/2021).

"Yang jelas sudah memenuhi persyaratan. Bahkan kemarin ada persyaratan tambahan di luar aplikasi, surat penguatan dari bupati yang menerangkan bahwa lahan tersebut digunakan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang parwisata. Kemudian menyerahkan pengelolaannya ke dinas pariwisata bila dibangun asetnya.”

Annihayah berharap pengajuan pembangunan agrowisata Bukit Dermo dapat lolos. Pasalnya menurut Annihayah Bantul belum memiliki destinasi ikonik. Selama ini sebaran kunjungan masih di dominasi wisata alam pantai.  "Kami berharap dengan wisata perbukitan selain yang sudah ada Hutan Pinus Manguman, kita punya daya tarik lagi yaitu di Bukit Dermo.”

BACA JUGA: 74 Penghuni Ponpes Bumi Cendekia yang Positif Covid Ditampung di Rusun UGM

Jika disetujui, Bukit Dermo akan dibangun sejumlah fasilitas fisik pariwisata seperti sky bridge, viewing deck, amphitheater, outdoor gym, foodcourt hingga los produk lokal Bantul bakal dibangun di Dermo. Berbagai fasilitas tadi bakal mendukung kegiatan kebudayaan, olahraga, jip touring hingga pelestarian kawasan.

Selain itu bangunan rain catchment berupa tiang lampu dengan corong besar penampungan air, menjadi salah satu ikon dari kawasan Bukit Dermo baru. Bentuknya yang melingkar dan berjumlah lima pas dengan singkatan Dermo atau Bunder Limo.