Gusti Putri Apresiasi Vaksinasi Dosis Kedua Ambarrukmo Group

Istri Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Bendara Raden Ayu (KGBRAy) Paku Alam X saat meninjau kegiatan vaksinasi di Pendopo Royal Ambarrukmo, Jumat (3/9/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
03 September 2021 23:19 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Istri Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Bendara Raden Ayu (KGBRAy) Paku Alam X mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi dosis kedua. Gusti Putri juga mengapresiasi langkah Ambarrukmo Group yang mendukung pelaksanaan vaksinasi dosis kedua.

Gusti Putri mengatakan saat ini masih ada masyarakat yang menganggap vaksin dosis pertama sudah cukup. Padahal sebenarnya tetap perlu untuk dosis kedua. “Ini vaksinasi yang kedua di Padukuhan Gowok dan sekitarnya, sangat baik. Kami memang ingin vaksinasi tidak hanya dosis pertama. Vaksinasi kedua biasanya hanya 70%. Disini sudah 100%,” ujar Gusti Putri, disela meninjau kegiatan vaksinasi di Pendopo Royal Ambarrukmo, Jumat (3/9).

Ia mengingatkan bahwa vaksinasi tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga penting untuk melindungi keluarga, dan orang sekitar.

“Kita harus mengingat DIY masih level empat. Masih 16% yang terpapar Covid-19, yang seharusnya kalau turun level 5%, itu PR untuk menghijaukan Jogja. Senang sekali ini ada vaksinasi, berbagai daerah vaksinasi. Saat ini masih sekitar 50%, masih panjang untuk sampai 70%. Monggolah bersama-sama menghijaukan Jogja,” ucapnya.

General Manager Plaza Ambarrukmo, Surya Ananta mengatakan kegiatan vaksinasi merupakan lanjutan dari kegiatan vaksinasi yang sebelumnya telah dilakukan. Setidaknya dalam kegiatan kali ini menyasar kurang lebih 1.000 orang warga Padukuhan Gowok dan sekitarnya. “Harapan dengan ini membantu mempercepat target vaksinasi, membuat level PPKM turun,” ujarnya.

Percepatan vaksinasi akan terus dilakukan, Ananta mengatakan setelah kegiatan ini, selanjutnya untuk Plaza Ambarrukmo akan menyasar para karyawan, untuk menerima dosis kedua. “Karyawan total 2.000 nanti, dosis kedua, akan dilakukan bertahap empat hari,” ucap Ananta.

Senada, General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Herman Courbois mengharapkan dengan percepatan vaksinasi, dapat menekan kasus Covid-19, dan ekonomi masyarakat yang banyak bergantung pada pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat kembali bergerak. Ia juga mengatakan hal tersebut memang harus bertahap, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Dukungan percepatan vaksinasi juga akan terus dilakukan. Sesuai masukan yang diterima, Herman mengatakan Ambarrukmo Group akan mendukung percepatan vaksinasi untuk ibu hamil. Selain itu juga, Ambarrukmo akan membantu menyediakan tempat vaksin bagi pengunjung mal atau hotel yang belum menerima vaksinasi.

“Ada ide tamu yang datang ke mal, atau hotel belum divaksin, ada sentral mini vaksin di tempat kami, sehingga bisa divaksin. Kami masih koordinasi, nanti kerja sama dengan tenaga kesehatan, penyediaan untuk vaksinnya, harapannya bisa secepatnya,” ujar Herman.