Advertisement

Pemkab Gunungkidul Akan Rehab Dua Pasar

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 08 September 2021 - 15:07 WIB
Budi Cahyana
Pemkab Gunungkidul Akan Rehab Dua Pasar Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul akan merehab dua pasar tradisional agar para pengunjung pasar lebih nyaman.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Ari Setiawan mengatakan rehab ini merupakan upaya pemerintah mempertahankan eksistensi pasar tradisional. Tahun ini sejumlah pasar tradisional jadi sasaran rehab, seperti Pasar Grogol, di Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, dan Pasar Klampok, Kapanewon Purwosari.

Advertisement

BACA JUGA: 41 Napi Meninggal Dunia akibat Kebakaran Lapas Tangerang, Ini Perinciannya

Rencana rehab yang akan dilakukan ini menyasar sejumlah titik tertentu yang menjadi prioritas. Pasar Grogol akan dibuatkan gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Ari mengatakan anggaran rehab tidak terlalu besar. “Masing-masing lokasi Rp75 juta, melalui APBD Gunungkidul," ucap Ari, Rabu (8/9/2021).

Pemkab juga merencanakan pembangunan Pasar Karangijo, Kapanewon Ponjong, dan Pasar Munggi, Kalurahan Semanu, Kapanewon Semanu. Rencananya anggaran yang digunakan berasal dari Kementerian Perdagangan.

Pembangunan Pasar Karangijo menelan Rp8 miliar dan Pasar Munggi Rp7,4 miliar. “Awalnya memang diusulkan tahun 2021, tetapi karena refocusing sehingga tidak lolos. Rencananya diusulkan di APBD Perubahan Gunungkidul, namun tidak jadi dan diusulkan ke Pemerintah Pusat tahun 2022,” ujar Ari.

Pasar Karangijo membutuhkan penanganan, terutama di sisi barat dan timur pasar. Sementara, Pasar Munggi juga sempat dibangun, tetapi masih ada beberapa yang kurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement